Hari Down Syndrome Sedunia yang Selalu Penuh Harapan

Hari Down Syndrome Sedunia diperingati setiap tanggal 21 Maret.
, Majalah Kartini | 22/03/2017 - 15:03

 

Hari Down Syndrome Sedunia yang Selalu Penuh Harapan 3MajalahKartini.co.id – Peringatan hari Down Syndrome sedunia pada 21 Maret, menyisakan sejumlah PR (pekerjaan rumah). Paling utama adalah memberikan lebih banyak kesempatan bagi para penyandang untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Tanggal tersebut melambangkan trisomi-21, sebuah kelainan pada kromosom nomor 21 yang ditemukan pada sebagian besar penyandang Down Syndrome.

Tubuh manusia memiliki 23 pasangan kromosom yang normalnya terdiri dari 2 kromosom yakni XX atau XY. Namun pada beberapa orang, ada pasangan kromosom yang memiliki kromosom ekstra. Adanya kromosom ketiga pada salah satu pasangan kromosom disebut sebagai trisomi. Pada sekitar 95 kasus, anak-anak dengan Down Syndrome memiliki trisomi pada pasangan kromosom nomor 21. Itulah sebabnya, Down Syndrome juga dikenal dengan nama kelainan Trisomi-21.

Hari Down Syndrome Sedunia yang Selalu Penuh Harapan

Istilah Down Syndrome diambil dari nama penemunya, yakni Dr John Langdon Haydon Down asal Inggris. Dr Down mengidentifikasi gangguan fisik dan mental pada kelainan tersebut pada 1866, namun trisomi-21 sebagai penyebabnya baru diketahui belakangan. Down Syndrome merupakan kelainan genetik bawaan yang menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang anak. Kelainan ini dicirikan antara lain oleh wajah yang khas seperti ras Mongoloid, dan karenanya sering disebut juga sebagai Sindrom Mongolisme.

Down Syndrome mempengaruhi sekitar 1 dari 800 kelahiran hidup, meskipun bervariasi di seluruh dunia. Down Syndrome biasanya menyebabkan efek variabel pada gaya belajar, karakteristik fisik atau kesehatan. Dengan peringatan hari Down Syndrom sedunia diharapkan penyandang down syndrome mendapatkan akses yang memadai terhadap perawatan kesehatan, program investasi dini dan pendidikan inklusif, serta penelitian yang sesuai, sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan hidupnya. (Foto: today.com)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: