Hari Ayah, Dukung Keberhasilan Ibu Menyusui untuk Buah Hati

Peran seorang ayah sangat penting bagi keberhasilan proses menyusui untuk buah hati.
, Majalah Kartini | 12/11/2016 - 15:00

MajalahKartini.co.id – Berkaitan dengan peringatan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada 12 November setiap tahunnya, Philips Avent mengajak seluruh ayah untuk berperan dalam membantu ibu memberikan yang terbaik bagi buah hati, dimulai dengan kebutuhan pemenuhan ASI kepada buah hati.

Ratna Kurniawati, Marketing Manager Mother and Child Care, Philips Personal Health Indonesia pada acara press conference di Jakarta, Kamis (11/11) mengungkapkan sebuah riset yang dikeluarkan oleh Berita Kedokteran Masyarakat tentang Peran Ayah Dalam Praktik Menyusui menunjukkan bahwa pemberian ASI secara eksklusif pada kelompok ayah yang mendukung lebih tinggi 2,25 kali dibandingkan dengan kelompok ayah yang tidak mendukung, selain itu pengetahuan dan sikap orangtua berpengaruh terhadap pemberian ASI.

“Untuk kemudahan para ibu dan juga ayah, perusahaan ini memiliki rangkaian produk perawatan ibu dan anak mulai dari menyusui hingga tahap pemberian makanan pendamping ASI (MPASI). Breastpump sangat nyaman digunakan karena bantalannya sangat lembut dan bentuknya yang ergonomis serta ringan membantu ibu memompa ASI lebih nyaman. Selain itu botol susu, produk ini juga dirancang menyerupai payudara dan puting ibu, sehingga dapat membantu ayah memberikan ASI kepada buah hatinya saat berjauhan dari ibu,” ujar Ratna Kurniawati.

Buku dengan judul “Womenly Art of Breastfeeding” yang ditulis oleh Diane Wiessinger (hal. 38) juga menyebutkan bahwa Ayah perlu bersama sang buah hati untuk saling mengenal dan memahami kebutuhan masing-masing. Ayah perlu memperhatikan tanda-tanda yang diberikan oleh sang buah hati saat ia siap berinteraksi. Bayi yang lapar sama sekali tidak tertarik diajak bermain. Setelah bayi kenyang menyusu, ini adalah saat yang tepat sang ayah untuk mengambil alih. (Foto : Dok. Philips AVENT)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: