Guru Perempuan PAUD Indonesia Ajarkan Cara Mengatur Keuangan Anak

Para guru diberi arahan untuk mendidik anak dengan cara bercerita.
, Majalah Kartini | 14/10/2016 - 13:00

MajalahKartini.co.id – Hadirkan program ‘Perempuan Cerdas Perempuan Mandiri, AXA Mandiri dan AXA ingin mewujudkan para guru perempuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) lebih pintar dalam mengatur keuangan dan mendidik anak-anak didik mereka untuk lebih mengerti cara menyimpan uang.

Lewat program tersebut, para guru diberi arahan untuk mendidik anak dengan cara berdongeng. “Pelatihannya memang terlihat sederhana, yaitu membaca dan menceritakan buku kepada anak didik,” kata Ketua Komunitas Reading Bugs Indonesia Dwi Renya Roosaria, di AXA Tower, Kuningan City, Jakarta, (13/10).

Menurut Dwi, anak-anak bisa belajar mendengar cerita tentang cara menyimpan uang. Di mana, mendengar adalah keahlian yang harus terus dilatih. Tak hanya itu, program AXA Tour ini juga mengajarkan para guru untuk mendidik anak muridnya bagaimana cara mendengar.

Anak juga diberikan materi kosakata dari buku terjemahan. “Mengapa buku terjemahan? Karena terdapat kosakata, pengulangan kata, dan di akhir cerita anak-anak bisa mendapatkan masukan, kosakata baru, serta pemahaman yang lebih mendalam,” jelasnya lagi.

Menurut dia, anak memiliki diberikan teladan membaca, karena anak Indonesia tidak terbiasa melihat guru dan orangtuanya membaca. Karenanya, tingkat membaca orang Indonesia terbilang rendah. “Makanya, kami menyebarkan 5196 guru-guru PAUD di 11 kota dengan Reading Bugs Indonesia untuk diberikan materi metode membaca kreatif,” tutup Dwi. (Foto: Bhrina)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: