DWP Kemenpora Kunjungi Kreasi Hidroponik Setu Farm

Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga mengapresiasi langkah kecamatan Setu dalam mengembangkan pertanian di perkotaan atau sistem tanam hidroponik.
, Majalah Kartini | 12/02/2018 - 14:30

 

MajalahKartini.co.id – Hari ini, Senin (12/2) Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan kunjungan ke lokasi Binaan Kreasi Hidroponik Setu Farm, Muncul, Tangerang Selatan. Rombongan yang dipimpin oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Ibu Shobibah Imam Nahrawi tersebut dalam rangka mengikuti penyuluhan singkat bagaimana cara bertanam hidroponik atau yang dikenal dengan istilah Belajar Bersama Langsung Tanam.

Shobibah Imam Nahrawi menyambut baik kemajuan Kecamatan Setu dalam mendukung warganya mengupayakan kreasi hidroponik sebagai salah satu cara memberdayakan masyarakat, baik secara ekonomi maupun kesehatan. “Menarik sekali hidroponik yang dikembangkan di Setu, sejauh ini yang kita ketahui program semacam ini bersifat komersil tetapi di sini sudah menjadi program masyarakat,” ucapnya saat ditemui di Kecamatan Setu.

Manfaat bertanam Hidroponik tak bisa diragukan lagi, lanjut Shobibah, mulai dari menciptakan lingkungan yang sehat, menjaga keseimbangan alam, konsumsi sayuran organik yang sehat, memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat, dari yang tadinya bisa jadi sampah tetapi bisa dimanfaatkan sebagai media tanaman dan bisa langsung dipraktikkan.

Program tersebut sudah diterapkan langsung oleh masyarakat di Setu dan Shobibah menilai tanaman hidroponik di Setu bisa menjadi contoh. “Kami berharap kerjasama ini bisa terjalin dalam waktu jangka panjang. Tidak hanya konsumsi untuk rumah tangga tetapi juga menambah pemasukan untuk keluarga jika bisa dikembangkan dengan lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kecamatan Setu, Wahyudi Laksono mengatakan pihaknya baru memulai membangun kelompok-kelompok hidroponik yang melakukan pembinaan kepada warga. Saat ini sudah ada tiga kelurahan yang memiliki kelompok hidroponik. Bermula dari warga yang memiliki inisiatif untuk membuat pertanian di perkotaan dengan memanfaatkan lahan yang sempit. “Kehadiran DWP Kemenpora sebagai penguatan agar kami semakin semangat,” ucapnya.

Usai mengikuti penyuluhan singkat, Ibu Menteri dan rombongan berkeliling melihat tanaman-tanaman sayuran yang dikreasikan dengan hidroponik, tak lupa juga disediakan media bertanam agar bisa praktik langsung membuat tanaman hidroponik. Setelah itu rombongan berkunjung ke rumah salah satu warga yang rumahnya dijadikan sentral tanaman hidroponik, yaitu Bapak Bakri. Acara kunjungan DWP Kemenpora tersebut juga dihadiri Ibu PKK Kecamatan, sejumlah Kepala Kelurahan, dan anggota PKK Kecamatan serta kelurahan. (Foto: Ecka Pramita)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: