Dianggap Rasis, Nivea Turunkan Iklan

Nivea mengaku menghargai perbedaan. Diskriminasi langsung atau tidak langsung telah ditinggalkan saat Nivea mengambil keputusan.
, Majalah Kartini | 06/04/2017 - 17:03

 

Dianggap Rasis Nivea Turunkan Iklan

MajalahKartini.co.id – Produsen perawatan kulit Nivea meminta maaf dan menghapus ikan deodorannya setelah diprotes. Iklan bertuliskan “White is Purity, Keep it clean. Dont let anything ruin it,” itu dinggap diskrimninasi terhadap perempuan kulit berwarna. “Kami meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin telah tersinggung dengan tulisan ini. Setelah menyadari bahwa unggahan itu menyesatkan, kami memutuskannya untuk langsung ditarik,” kata juru bicara Nivea di Beirsdorf seperti yang dilansir dari BBC.

Menurut Nivea, perusahaan ini menjadikan kesetaraan dalam keberagaman sebagai nilai-nilai penting. Mereka mengaku menghargai perbedaan. Diskriminasi langsung atau tidak langsung telah ditinggalkan saat Nivea mengambil keputusan. Sebelumnya, banyak Netizen menuding iklan itu rasis. “Sama sekali tidak keren @NIVEAUSA @niveauk @NiveaAustralia… #Racism bukanlah strategi marketing yang bagus,” kata pemilik akun twitter @Redheadedfuries.

Iklan tersebut memang ditujukan untuk penggunanya di Timur Tengah. Namun, ada 19 juta orang yang menjadi pengikut laman Facebook Nivea. Namun selain menuai banyak protes, pihak konservatif kanan justru memanfaatkan iklan tersebut untuk menegaskan pendapat mereka. “Nivea memilih berdiri bersama kita, dan sungguh komentar yang patut disukai,” kata pemilik akun twitter @JuliusSeg. Salah satu akun kelompok ultra kanan AltRight berkomentar: “#Nivea: produk pelembab resmi/anti-bau badan milik #AltRight.”  (Foto: The Sun)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: