Di Mana Sawah Padi Pertama?

Padi, jagung, dan gandum, dibudidayakan pada periode yang sama di tempat berbeda.
, Majalah Kartini | 30/05/2017 - 20:03

Di Mana Sawah Padi Pertama-

MajalahKartini.co.id – Padi, salah satu makanan pokok yang menopang kehidupan lebih dari separuh penduduk dunia. Ternyata, padi pertama kali dibudidayakan di China sekitar 10.000 tahun lalu.

“Umur penanaman dan budidaya padi selaras dengan awal paralel pertanian di daerah-daerah lain di dunia selama periode perubahan lingkungan besar ketika Pleistosen bertransisi menuju Holosen,” kata Lu Houyuan, profesor dari Institut Geologi dan Geofisika di Akademi Ilmu Pengetahuan China yang memimpin studi itu, Senin waktu setempat (29/5)

Penelitian ini dipublikasikan di U.S. Proceedings of the National Academy of Sciences. Peneliti melibatkan ilmuan dari Institut Relik dan Arkeologi Provinsi Zhejiang dan Institut Riset Ilmu Geografi dan Sumber Daya Alam di Akademi Ilmu Pengetahuan China.

Pertanyaan-pertanyaan mengenai asal dan pembudidayaan padi telah memunculkan banyak debat dalam dekade terakhir. Sisa-sisa fosil padi sebelumnya ditemukan di situs Shangshan di Yangtze Bawah, China, dan dikenali sebagai sampel penanaman padi paling awal.

Dikutip dari kantor berita Xinhua, usia fosil padi yang diperoleh dari pecahan tembikar mungkin tercemar karbon yang lebih tua. Setelah diteliti, usianya ternyata sekitar 9.400 tahun.

Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa padi di zaman dulu lebih kecil ketimbang hampir 67 persen yang ada pada padi yang dibudidayakan pada masa modern. Namun lebih besar hampir 17 persen dari pada padi liar modern. Masa budidaya padi bertepatan dengan budidaya gandum di Timur Tengah dan jagung di Amerika Selatan. Keduanya juga diyakini terjadi sekitar 10.000 tahun lalu. (Foto: Istimewa)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: