Desa Susu, Proyek Percontohan Peternakan Sapi Perah Modern

Didukung Pemerintah Indonesia dan Belanda, Desa Susu menjadi proyek percontohan peternakan sapi perah modern masa depan.
, Majalah Kartini | 23/09/2016 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Produksi susu sapi segar di Indonesia saat ini masih jauh untuk memenuhi kebutuhan susu di Indonesia. PT Frisian Flag Indonesia (FFI) menyelenggarakan Peletakan Batu Pertama (Groundbreaking) untuk pembangunan Desa Susu (Dairy Village) hari ini sebagai bagian dari komitmen jangka panjang FFI untuk memberdayakan peternak sapi perah Indonesia.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia tahun 2015, peternak sapi lokal hanya dapat memasok 23% kebutuhan susu nasional, atau sekitar 805.363 ton susu segar. Selebihnya masih harus diimpor dari luar negeri.

Data tersebut menunjukkan adanya potensi yang besar dalam menumbuhkan industri pengolahan susu serta mengembangkan usaha peternakan sapi perah di Indonesia. FFI menggunakan kesempatan ini untuk mengembangkan Desa Susu, yang merupakan bagian dari pilar ketiga ‘Sustainable Welfare’ proyek FDOV dan disponsori oleh Pemerintah Belanda, yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas usaha peternakan sapi perah yang berkelanjutan.

Presiden Direktur FFI Maurits Klavert mengatakan pihaknya menyadari bahwa para peternak sapi di Lembang telah menjadi mitra strategis kami selama lebih dari 20 tahun. “Kami berkeinginan untuk tumbuh bersama melalui upaya pemberdayaan para peternak secara berkelanjutan demi peningkatan kapasitas dan kapabilitas peternak dalam memproduksi susu berkualitas tinggi,’ ujar Maurits.

Salah satu upayanya adalah dengan membangun Desa Susu di Lembang, Jawa Barat yang menyediakan fasilitas peternakan lengkap dan terpadu dan diharapkan dapat mendorong para peternak untuk menerapkan tata kelola dan tata laksana peternakan lebih baik dan berkelanjutan. (Foto: Doc. Frisian Flag)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: