Berusia 102 Tahun, Guru Besar di Perth Tetap Semangat Mengajar

Usianya boleh saja telah melewati 100 tahun, tapi semangatnya dan etos kerjanya tetap berjiwa muda.
, Majalah Kartini | 23/08/2016 - 14:00
MajalahKartini.co.id – David Goodall telah melewati rentang hidup yang begitu panjang. Profesor berusia 102 tahun asal Kota Perth, Australia Barat itu tetap menjaga semangatnya untuk terus datang ke kampus setiap hari meski pihak tempatnya mengajar telah memintanya untuk bekerja dari rumah.
Jelas saja permintaan dari pihak Universitas Edith Cowan (ECU) itu ditolaknya. Walaupun harus menempuh perjalanan darat berjarak 27 kilometer, Goodall mengatakan hanya ingin meneruskan pola kerja yang sudah ia lakukan sejak berusia muda.
“Saya ingin meneruskan pola kerja saya, sebagian karena memang ini adalah cara yang saya sukai melihat dunia sekitar saya,” ujar Goodall dalam wawancara radio ABC seperti dikutip perthnow.com.au, Senin.
Goodall tercatat sebagai peneliti kehormatan di Pusat Pengelolaan Ekosistem ECU dan telah menghabiskan 70 tahun hidupnya untuk beraneka riset di bidang ekologi. Ia menghasilkan total lebih dari 130 buah karya akademik setelah bekerja di lima benua.
Di usia yang sudah melampui satu abad, Goodall mengaku tidak kuat lagi berjalan kaki lebih dari 1 kilometer, tapi setiap harinya ia tetap bisa menempuh perjalanan pulang-pergi dari rumah ke kampus dengan menumpang dua kali bis dan kereta api.
Pada Desember tahun ini kontrak Goodall di ECU akan berakhir, dan kampus menawarkan agar kontrak diperpanjang untuk tiga tahun ke depan tapi dengan syarat Goodall bekerja dari rumah. Pihak ECU yang diwakili oleh Rektor Steve Chapman mengatakan opsi ini adalah demi mereduksi gangguan kesehatan Goodall akibat perjalanan.
Di sisi lain, pihak kampus akan menyediakan kantor di rumah Goodall. Kalaupun ia ingin datang ke kampus untuk menghadiri kegiatan, ECU akan menyediakan transportasi gratis. Namun, dengan sejumlah tawaran menarik tersebut, saat ini Goodall masih percaya bahwa ia masih kuat untuk menempuh jarak yang cukup jauh tersebut. (Foto: Istimewa)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: