Benarkah Mengunyah Permen Karet Cegah Gigi Berlubang

American Dental Association mengatakan bahwa kebiasaan mengunyah permen karet yang tidak memiliki kandungan gula dapat membantu menghindari munculnya lubang di gigi.
, Majalah Kartini | 24/09/2016 - 08:30

MajalahKartini.co.id – Pada dasarnya sejak kita masih kecil, kita sudah diberitahu oleh dokter gigi jika makan permen karet maka berisiko merusak gigi, namun kini hal itu bertolak belakang. Sebuah studi klinis yang dilansir oleh Medical Daily menunjukkan bahwa mengunyah dan menggigit permen karet terutama tanpa kandungan gula itu bagus untuk kesehatan gigi hingga otak kita.

Gigi bebas dari lubang

Bahan dasar permen karet ialah campuran material sintetik, yakni elastomer, resin dan lilin, menurut para ahli American Dental Association. Ada beberapa jenis permen karet yang mengandung pemanis buatan misalnya sorbitol, aspartam, pelembut (terbuat dari gliserin atau produk minyak sayuran lainnya), pewarna serta perasa buatan.

Studi menunjukkan dengan mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit maka mampu mencegah kerusakan pada gigi. Tetapi ini tak berarti kita tak perlu menggosok gigi teratur dan melakukan flossing.

Selain itu, American Dental Association mengatakan bahwa kebiasaan mengunyah permen karet yang tidak memiliki kandungan gula dapat membantu menghindari munculnya lubang di gigi.

Pencernaan sehat

Jika mengunyah permen karet mengandung xylitol sebelum dan sesudah makan bisa bermanfaat. Peningkatan air liur (salah satunya karena mengunyah permen karet) meningkatkan jumlah kandungan asam dalam perut yang membuat makanan lebih mudah dicerna.

Kewaspadaan meningkat

Perlu diketahui mengunyah permen karet juga mampu meningkatkan kewaspadaan, mempercepat reaksi atau respon kita serta meningkatkan kecepatan mengolah informasi. (Foto: Istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: