Begini Proses Dibalik Keindahan Berlian yang Berkilau

Proses pembentukan berlian membuatnya sangat kuat tehadap goresan, benturan dan mempunyai nilai keindahan.
, Majalah Kartini | 20/10/2017 - 14:03

 

MajalahKartini.co.id – Berlian adalah salah satu barang berharga yang masih menyimpan misteri dibalik perjalannya yang sangat panjang. Butuh waktu ratusan bahkan ribuan tahun hingga terbentuk menjadi batu berlian. Komposisi yang menghampiri 100 persen kristal karbon membuat berlian ini lebih istimewa dan lebih mahal dibanding batu permata lainnya.

Devi Chayadi GG, AJP seorang Gemologist PT Central Mega Kencana yang menaungi Frand & Co, Miss mondial, dan The Palace menjelaskan bahwa betapa pentingnya memahami barang yang Anda beli, sehingga ia memaparkan Diamond Talk – Varieties of Diamon. Ia menjelaskan bahwa berlian bukan hanya satu jenis saja melainkan terdiri dari beberapa variasi serta value-nya masing-masing.

Pada awalnya, berlian diperdagangkan oleh orang India sebagai batu permata, hanya saja kala itu belum popular sehingga value line belum tinggi. Pada tahun 1400, berlian baru masuk di Eropa dan hanya digunakan di kalangan elite. Kemudian di tahun 1700, Brazil mendominasi pasar berlian selama kurang lebih 150 tahun.

Pada tahun 1800 pasar berlian modern dimulai saat “Bintang Afrika Selatan ditemukan”. Berlian ini digali dengan alat tradisional karena berlian ini muncul dipermukaan bumi bukan di perut bumi, barulah berlian ini ditransfer dari tangan ke tangan dan terakhir dilelang di Swiss. “Ini membuat banyak orang terbelalak matanya dan penasaran, sehingga berangkatlah orang-orang Inggris ke Afrika Selatan mencari di sana,” ujar Devi pada workshop “Perbedaan Kualitas Berlian Melalui-Diamond 4C” oleh PT Central Mega Kencana di Jakarta, Kamis (20/10).

Tak heran jika berlian dianggap abadi karena ternyata memiliki daya tahan yang sangat indah yakni 1. Hardness (punya kekuatan dari goresan); 2. Toughness (kekuatan menghadapi benturan) tapi bukan berarti tidak bisa pecah, karena barang berkilau ini punya bagian yang lemah sehingga bisa pecah; 3. Stability (ketahanan terhadap suhu dan bahan kimia), tahan dengan suhu 800-1.300 derajat celsius.

“Mengapa berlian dianggap abadi dan paling tahan lama? Karena terbentuk dari mineral alami, kristal karbon. Berlian adalah satu-satunya batu permata yang terbuat dari satu unsur saja, yaitu Carbon. Kurang lebih 99,95 persen unsur yang terkandung dalam berlian adalah carbo. Selain itu, berlian memiliki keindahan dan tahan lama. Ia dapat memantulkan cahaya yang sangat menarik, pembiasan cahaya yang berwarna- warni ke mata. Ketika cahaya jatuh diatasnya dia akan berkilau,” timpal Devi.

Berlian kata ia melalui proses pembentukan disuhu tinggi dan tekanan berat. Berlian terdapat di kedalaman 150 kilometer dibawah permukaan, di suhu 800-1.300 derajat celcius dengan tekanan 45-60 kilobar. “Berlian mungkin terdengar menarik sebagai investasi, tapi ketertarikan ini tidak selalu membawa kebahagiaan. Valuenya adalah berlian sebagai alat investasi yang bisa dipakai karena kebutuhan Beauty dan Heritage. “Berlian bisa dipakai sebagai aksesoris beda dengan emas batangan. Barang berharga ini juga punya potensi untung rugi, tapi pergerakan harga tidak se dinamis dengan investasi lain.

Satu karat diamon diperkirakan seberat satu paper clip atau dulunya sebanding dengan berat satu biji biji petai cina kering, bisa dibayangkan ukurannya sangat kecil tapi, harganya seratusan juta. Alasan karena mahalnya harga berlian natural, sehingga hadirlah Syntetic Diamond. Syntetic diamond mempunyai komposisi berlian tapi tercipta tidak alami melainkan buatan pabrikan sehingga harganya jauh lebih murah dibanding natural diamond. Sekitar 50 persen dibawah diamon asli.

“Gak ada yang salah dengan syntetic diamon, yang salah si penjual yang tidak jujur. Salah ketika mereka bilang natural diamon padahal syntetic diamond,” ujarnya. Dan, sytentic diamond ini ternyata sudah banyak dijual di beberapa toko berlian bahkan sulit dibedakan dengan berlian asli, sehingga Anda harus ekstra hati-hati dan teliti dalam membeli berlian. Untuk membedakannya kata Devi ada tiga hal yang harus diperhatika yaitu metalli flux, stop sign surface graining (garis yang tidak wajar), dan typical fluorescence (warna lebih kehijau-hijauan).

“Intinya syntetic diamond tidak punya nilai investasi sama sekali karena ini barang pabrikan,” ujarnya. Yang paling penting kata Devi : lihatlah dengan hati-hati; pertimbangkan semua titik harga cek 4 Cs (cut, color, Clarity, Carat); mintalah laporan dari lab yang memiliki reputasi baik; periksa berlian Anda dengan hati-hati; temukan perhiasan terpercaya. (Foto: Andim)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: