Aturan Baru dari Raja Salman bagi Traveler Perempuan

Raja Salman memutuskan untuk perempuan yang hendak pergi travelling dengan membawa manfaat untuk dirinya tidak lagi membutuhkan izin dari laki-laki.
, Majalah Kartini | 10/05/2017 - 15:02

Aturan Baru dari Raja Salman bagi Traveler Perempuan

MajalahKartini.co.id – Bukan lagi rahasia umum jika perempuan di Arab Saudi memiliki keterbatasan dalam bergaul atau pun travelling karena harus menaati aturan pemerintah yang berlandaskan hukum Islam harus taat pada laki-laki. Namun, baru-baru ini terdapat kabar melegakan dari kerajaan Arab yang dipimpin Raja Salman.

Berdasarlam Khaleej Times, Raja Salman memutuskan untuk perempuan yang hendak pergi traveling dengan membawa manfaat untuk dirinya tidak lagi membutuhkan izin dari laki-laki. Peraturan baru itu langsung disiarkan ke pemerintahan sebagai resolusi Hak Asasi Manusia yang menjadi isu di Arab Saudi.

Peraturan laki-laki menjadi pelindung selalu menjadi masalah bagi perempuan dan membawa ketidakberuntungan. Beberapa pelindung bahkan memberikan tindakan kasar pada perempuan dan mengambil kesempatan. “Meskipun langkah ini kecil, namun sangat berguna dan bermanfaat untuk negara konservatif ini,” ungkap Maha Akeel Informasi Publik dan Komunikasi dari Organisasi Islam dilansir dari travelerstoday.

Dikutip dari Dailymail, melaporkan jika aturan baru memberikan izin bagi perempuan yang hendak mendapatkan pendidikan, urusan kesehatan, pekerjaan, bahkan pergi ke sidang yang mewakili diri mereka sendiri. Bagaimana pun aturan ini tidak harus mendapatkan izin dari pelindung laki-laki.

Keputusan ini dibuat karena negara tersebut sudah semakin berkurang dalam segi ekonomi karena pengurangan investasi minyak. Selama 5 tahun, selalu banyak perempuan menjadi posisi teratas. Faktanya, Arab Saudi akan meningkatkan pekerja wanita hingga 22-30 persen. (Foto: Reuters)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: