Alasan Memilih Daging Ayam Segar Dingin

Apa yang perlu diperhatikan saat memilih daging unggas?
, Majalah Kartini | 07/10/2016 - 17:00

MajalahKartini.co.id – Daging ayam merupakan makanan bernutrisi, berprotein tinggi, kaya vitamin (BZ dan 86), mineral (tembaga, fosfor, dan selenium) dan mengandung lebih sedikit lemak jenuh dibanding daging sapi. Karenanya daging unggas merupakan sumber protein yang sangat baik untuk dapur keluarga Indonesia.

“Hal terpenting dalam memilih daging unggas adalah kesegaran dan bagaimana daging diproses,” jelas Chef Edwin Lau pada peluncuran Kampanye “Ayam Dingin Segar” oleh Kementerian Pertanian RI di Jakarta, Kamis (6/10). Menurut Edwin, ayam dingin segar adalah pilihan yang tepat ”Ayam dingin segar”, menurut Edwin, adalah daging segar

“Daging ayam segar diproses (dipotong, dibersihkan dan didinginkan) segera setelah penyembelihan. Karenanya rasa, aroma, dan kualitas asli daging tetap terjaga untuk diolah menjadi masakan terbaik bagi keluarga,” sambungnya. Ayam dingin segar juga mudah didapat dan praktis.

Tersedia di banyak supermarket, minimarket, dan toko khusus yang memiliki fasilitas pendingin. “Anda bisa membeli ayam dingin segar kapan saja, simpan di kulkas, dan diolah seluruhnya atau beberapa bagian sepanjang minggu,” kata Edwin.

Edwin menambahkan, ayam dingin segar juga praktis untuk ibu bekerja yang seringkali tidak sempat untuk langsung memasak daging ayam setelah dibeli. Ayam dingin segar dapat disimpan untuk beberapa hari, selama tetap didinginkan.

Kesegarannya dijamin selama 1-2 hari jika disimpan di kulkas pada suhu kurang dari 4°C dan hingga enam bulan jika dibekukan dengan suhu dibawah -18 °C. Pemilihan yang tepat, penyimpanan yang baik, dan pengolahan yang tepat akan menghasilkan hidangan bekualitas yang akan berdampak positif bagi kesehatan seluruh anggota keluarga. (Foto : Istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: