Menyoroti Tren Bisnis Oleh-oleh Selebriti

Oleh-oleh tersebut dirancang sangat menarik, kekinian dan dijual dengan strategi mengandalkan kepopuleran para artis dengan mencantumkan nama daerah sebelum nama produknya.
, Majalah Kartini | 01/06/2017 - 12:02

bisnis artis

MajalahKartini.co.id – Saat ini bisnis oleh-oleh di kalangan para selebritas telah menjadi tren dan menjamur di kota-kota besar. Oleh-oleh tersebut dirancang sangat menarik, kekinian dan dijual dengan strategi mengandalkan kepopuleran para artis dengan mencantumkan nama daerah sebelum nama produknya.

Contohnya adalah brand Medan Napoleon, Makassar Baklave, Surabaya Snow Cake, dan lain-lain. Jenis bisnis kuliner yang mereka usung adalah oleh-oleh yang katanya khas dan berasal dari beberapa kota besar di Indonesia. Meski menyandang jargon ‘oleh-oleh khas daerah’, namun sebenarnya aneka kue ini bukanlah asli makanan tradisional daerah yang dimaksud.

Kue oleh-oleh para artis ini merupakan perpaduan cake berbahan lokal dan impor yang dibalut dengan tampilan internasional nan modern. Memanfaatkan sosial media sebagai media promosi, para penggemarlah yang lalu menobatkan kuliner ini sebagai oleh-oleh khas daerah yang rasanya tak lengkap bila berkunjung ke suatu kota tanpa membawa pulang oleh-oleh kue milik para artis tersebut.

Baca Juga: Selebriti yang Buka Bisnis Oleh-oleh Khas Indonesia

Baru-baru ini para artis yang menjadi penjual kue tersebut mengadakan sesi foto bersama dengan produk kue yang diusungnya masing-masing. Secara serentak, mereka pun akhirnya membocorkan salah satu nama manajemen, yakni Jannah Corp (J-Corp), yang menaungi bisnis oleh-oleh kekinian khas daerah tersebut.

Jannah Corp sendiri menaungi oleh-oleh kue milik Zaskia Sungkar, Irwansyah, Laudya Cyntia Bella, Prilly Latuconsina, Zaskia Adya Mecca, Ruben Onsu, Melly Goeslaw, Nagita Slavina, dan Vidi Aldiano. Meski begitu, banyak juga artis-artis lain yang membuka bisnis oleh-oleh daerah diluar naungan manajemen J-Corp tersebut.

jannah corp

Kata Masyarakat Tentang Rasa Kue Oleh-Oleh Milik Artis

Maraknya artis yang berjualan oleh-oleh ini pun menuai tanggapan beragam dari Netizen tanah air. Banyak yang mendukung, tak sedikit pula yang terang-terangan menyindir usaha sampingan para artis tersebut. Begitulah, tapi jika kembali pada idiom lawas, bahwa soal rasa tidak dapat diperdebatkan, rasanya semua akan berkembali pada selera pasar. Berikut tanggapan mereka seperti yang dihimpun MajalahKartini.co.id.

Akun Retno Setiyaning Ut berpendapat bahwa rasa oleh-oleh artis tersebut kalah dengan buatan para UMKM rumahan. “Klo menurutku tidak recomended untuk rasanya. Masih kalah dengan lezatnya kue-kue buatan para bakul kue rumahan. Kemasannya memang menarik sih, bisa dicontoh kalau untuk packagingnya.”

Akun Jeany Mega Sari juga mengatakan “Malang Strudel… hmm maaf not recommended at all. Over price, rasanya duuhh, bukannya elevate si buah asli Malang malah dominan pastrynya yang juga kurang rich rasanya. Kemasan box bagus, saking bagusnya sekilas besar, begitu dibuka isinya kecil. Menurutku untuk panganan oleh-oleh lebih cocok yang tradisional. Bakpia dari Jogja, Ledre dari Surabaya, Bolen Pisang dari bandung, pempek dari palembang/lampung. Produk si seleb ini lebih ke arah fusion. Tapi you know.. too much fusion equal to confusion.”

Tak hanya itu, akun Niken Kristiarani juga melontarkan komentarnya seperti “Kalau menurutku sih, para seleb ini jual nama beken saja selama yang diusung hanya nama top mereka, gak bakalan bertahan lama trennya, karena lidah customer sekarang sudah lebih pandai dalam menyecap rasa. Customer biasanya lebih memuaskan rasa penasaran mereka pengen tahu seperti apa sih produk para seleb ini. Produk mereka ini adalah produk yang mudah untuk diduplikasi jadi  lebih mudah bagi para bakul kue utk menduplikasi dengan inovasi rasa yang lebih baik. Sebenernya ide bagus tapi kalau tidak diolah dengan baik ya tidak lama trennya.” (Foto: Instagram)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: