Giring Ganesha Ajak Generasi Z Lebih Produktif

Menyediakan portal informasi hiburan edukatif untuk Generasi Z, KINCIR.
, Majalah Kartini | 03/11/2017 - 12:02

MajalahKartini.co.id – Generasi millenial atau biasa disebut juga Generasi Y masih menjadi pembahasan, mulai dari gaya hidup hingga kebiasaan menggunakan media sosial. Tapi belum selesai dengan berbagai isu tentang Generasi Millenial ini, muncul lagi Generasi Z yang sejak lahir sudah dicekoki dengan kemajuan teknologi informasi. Menurut Giring Ganesha, Generasi Z ini adalah generasi yang selalu berusaha mengikuti tren terbaru, menyukai kebebasan, suka mencoba pengalaman baru, pergi liburan, menjadi bagian dari komunitas untuk didengar dan senang tampil untuk berbagi dengan orang lain.

“Mereka adalah stakeholder dari bangsa ini dan terdepan, jadi wajib kita diisi dengan hal-hal positif seperti misalnya kalau mereka menggunakan internet untuk bermain game itu oke saja, tapi kalau digunakan untuk menyebar fitnah, menyebar hoax itu tidak benar. Kenapa tidak menggunakan internet untuk menyenangkan diri, belajar dan usaha itu baru produktif,” ujarnya pada workshop “How To Attract Gen Z” melalui portal KINCIR di Jakarta, Kamis (2/11).

Vokalis Band Nidji ini mengungkapkan bahwa Generazi Z sangat menyukai sesuatu hal visual sehingga mudah ter-distracted. “Alur informasi yang datang menghampiri juga sangat cepat. Mereka suka sekali diajak main dan experience baset yang suka mencoba sesuatu yang baru,” tuturnya.

Maka yang mesti dilakukan orangtua adalah harus tahu aplikasi apa yang anak gunakan, game apa yang dimainkan dan channel youtube apa yang ditonton. “Seperti anak saya pernah main game online yang saya review itu jelek banget efeknya sehingga daya bilang gak boleh lagi. Untuk penggunaan gadget saya juga batasi, tergantung kebutuhan karena mereka juga mengerjakan PR lewat internet,” jelasnya.

Melihat perilaku Generasi Z yang selalu berusaha mendapatkan update tren terbaru dan menjadi bagian dari komunitas, Giring selaku CEO dan Co-Founder KINCIR merasa perlu untuk menfokuskan diri sebagai media informasi dan hiburan terpercaya khusus untuk Generasi Z ini. “KINCIR telah lama hadir sebagai sahabat untuk anak muda. Dari data yang kita dapat 83 persen dari pembaca kami adalah anak muda pria berusia 15-24 tahun, sehingga kami memutuskan untuk memfokuskan konten-konten kami untuk range usia ini dan kebetulan saat ini di Indonesia belum ada media yang benar-benar memfokuskan kontennya untuk generasi Z khususnya pria,” kata Giring.

Mengusung tagline “We Are Young”, KINCIR menghadirkan tiga kanal baru dan mengembangkan dua kanal yang sudah ada dengan tampilan baru yang lebih fun, mengutamakan visual, dan konten yang dapat mengedukasi pembacanya, yakni:

Geeky, berisi kontent mengenai kebudayaan pop yang digemari anak muda, khususnya lelaki, mulai dari film, komik, game, anime, teknologi dan sains.

Chillax, memuat gaya hidup generasi muda, seperti pengetahuan dunia, relasi percintaan, hubungan buku, travel, music, kuliner, kesehatan, edukasi, dan pekerjaan.

Icon, berisi konten yang membahas sosok-sosok ternama dan jadi sorotan, mulai dari selebritas, figure yang tengah menjadi viral, dan tokoh yang menginspirasi dalam bidang apapun.

Turbo, membahas otomotif, mulai dari pembahasan mengenai kendaraan hingga modifikasi aksesoris otomotif yang digemari anak muda.

Style, kanal yang bertujuan memberi inspirasi dalam gaya, mulai dari bagaimana cara memadukan pakaian, aksesoris, sepatu, hingga gaya rambut yang bisa diaplikasikan anak muda.

“Kami melihat generasi Z ini, dalam 5-10 tahun mendatang akan menjadi generasi penerus bangsa, tidak menutup kemungkinan beberapa diantaranya menjadi pemimpin negara ini di masa mendatang, untuk itu kami tidak ingin hanya menjadi media yang fun untuk generasi Z ini, tapi kami ingin menjadi media yang mampu memberikan konten-konten terpercaya, dapat dipertanggungjawabkan, mengedukasi dengan cara yang fun, penuh dengan visual yang menarik dan berinteraksi dengan para pembaca sehingga mereka dapat menyuarakan  pendapat mereka.

Selain hadir dalam bentuk portal media, KINCIR juga mendistribusikan kontennya di platform-platform media sosial yang digunakan oleh Generasi Z, yaitu Facebook, Twitter, YouTube dan Instagram. KINCIR juga berkomitmen untuk selalu hadir di platform terbaru yang digunakan Generasi Z.(Foto : Andim)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: