Cara Artika Sari Devi Tanamkan Semangat Nasionalisme pada Anak

Kecintaan Artika Sari Devi terhadap bangsa Indonesia juga mendorongnya untuk terus sukses berkarier.
, Majalah Kartini | 14/08/2017 - 18:02

Cara Artika Sari Devi Tanamkan Semangat Nasionalisme pada Anak
MajalahKartini.co.id – Memupuk Nasionalisme di tengah perkembangan saat ini, mayoritas generasi muda memiliki nasionalisme yang rendah, hal ini menjadi perhatian yang memprihatinkan bagi Artika Sari Devi yang juga memiliki dua putri. ”Untuk menangkis hal-hal tersebut, saya selalu mengingatkan anak-anak tentang toleransi dan menghargai antar sesama. Saya jelaskan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan majemuk, sehingga Indonesia bukan hanya milik golongan, tetapi milik bersama. Itu yang saya tekankan pada mereka,” ujar perempuan cantik kelahiran Pangkal Pinang, 29 September 1979 ini.

Kecintaan Artika terhadap bangsa Indonesia pun yang mendorongnya untuk terus sukses berkarier. ”Itu hal yang memacu saya saat berkompetisi di ajang Miss Universe. Meski saya sempat mendapat kontroversi, tetapi saya mampu tetap berjuang dan membawa nama Indonesia hingga ke-15 besar. Waktu nama Indonesia disebut, benar-benar rasanya bangga, haru, dan merinding. Waktu di sana kan saya nggak bawa nama pribadi, kami disebut berdasarkan negara yang kami wakili, momen nasionalis yang nggak akan terlupakan bagi saya,” ujar istri dari Ibrahim Imran (Baim ) ini.

Tak hanya itu, sejak sekolah pun Artika kerap berperan aktif dan tergabung dalam organisasi berkaitan dengan kebangsaan. Seperti menjadi anggota Paskibra di setiap upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, dan hobi ikut lomba untuk turut meramaikan momen 17 Agustus. ”Dulu saya paling senang ikut lomba makan kerupuk dan selalu menang, makanya saat ini saya bersemangat mengajak anak-anak ikutan lomba 17 Agustus di area komplek rumah,” tuturnya. (Teks: Indri Wulandari/Foto: Majalah Kartini)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: