Bersama KICKS, Dewi Sandra Imbau Perempuan Waspada Kanker Serviks

Dewi Sandra menegaskan kunci utama pencegahan kanker serviks adalah kebersihan.
, Majalah Kartini | 08/02/2018 - 10:57

MajalahKartini.co.id – Berdasarkan data International Agency Research on Cancer dari World Health Organization (WHO) tahun 2012, kanker leher rahim atau lebih dikenal sebagai kanker serviks merupakan salah satu kanker penyebab kematian terbanyak perempuan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Setiap tahunnya, sebanyak 20.928 perempuan Indonesia terdiagnosis kanker serviks dan 9.498 di antaranya meninggal karena penyakit ganas ini.

Bahkan, tingginya kasus kanker serviks di Indonesia membuat WHO menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia. Melihat keadaan ini, beberapa elemen masyarakat yang peduli akan kesehatan, khususnya kesehatan
perempuan di Indonesia, mendirikan Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS).

Baca juga: Jadi Duta KICKS, Sarwendah Yakin Kanker Serviks Bisa Dicegah

Guna menyukseskan tujuan dalam mengurangi angka penderita kanker serviks di Indonesia, deretan nama artis terkenal pun didaulat menjadi Duta KICKS, di antaranya Dewi Sandra. ”Bersama KICKS, saya banyak melakukan sosialisasi seputar kanker serviks dan pentingnya tindakan preventif. Kami banyak menggelar seminar dan berkolaborasi dengan berbagai instansi untuk melakukan beragam aktivitas sosial. Tujuannya satu, menyebarkan informasi dan membuat masyarakat sadar akan pentingnya pencegahan,” tegas Dewi.

Diakui saat ini, biaya vaksin terbilang tidak murah, oleh karena itu KICKS mengupayakan agar Vaksin HPV masuk dalam program nasional imunisasi dasar di Indonesia. ”KICKS membuat petisi dari masyarakat agar vaksin ini masuk program pemerintah,” tuturnya.

Bicara tindakan preventif, Dewi menegaskan kunci utamanya adalah kebersihan. Perempuan yang sudah melakukan aktivitas seksual harus papsmear dan jangan malu sharing. ”Di Indonesia banyak orang takut bertanya, apalagi seputar kanker. Hal itu harus diubah,” tegas Dewi.

Di situlah peran duta KICKS, yakni membuat perempuan indonesia bisa lebih cerdas merawat diri sendiri. ”Terdapat dua jenis pencegahan untuk kanker serviks, yakni pencegahan primer dengan vaksinasi, dan pencegahan sekunder lewat deteksi dini,” tambah Dewi. (Teks: Indri Wulandari Fotografer: Hartono Hosea @h2photography Pengarah Gaya: Anantama Putra)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: