Yane Bima Arya: PKK Kota Bogor Berinovasi Melalui Sekolah Ibu

Akan hadir 68 sekolah dalam rangka program rumah aman dan nyaman.
, Majalah Kartini | 27/09/2016 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Jawa Barat, akan membuat sekolah ibu yang didirikan di setiap kelurahan.  “Melalui sekolah ibu, kita melatih ibu-ibu untuk menciptakan rumah aman dan nyaman, yakni aman pangan, sandang dan papan, serta nyaman berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya,” kata Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian Bima Arya di Bogor, Senin (26/9).

Ia menjelaskan, kalau sekolah ibu baru ada di tingkat kota. Sehingga diharapkan PKK dapat melatih 136 calon fasilitator yang bertugas mengajarkan ibu-ibu di setiap kelurahan.

Menurut Yane, peran ibu perlu ditingkatkan untuk mewujudkan rumah aman dan nyaman bagi anak dan keluarga sangat penting. Hal ini dikarenakan besarnya tanggungjawab Ibu atas pola pengasuhan anak di rumah, lalu mendorong PKK Kota Bogor berinovasi dengan membentuk sekolah ibu.

“Nantinya, Sekolah Ibu Kota Bogor akan menjadi sekolah ibu yang pertama berdiri di Indonesia,” ungkapnya. Yane berharap semoga program ini berjalan lancar, seluruh camat dan lurah diminta untuk mendukung kegiatan sekolah ibu. Sehingga, satu kelurahan diharapkan mempunyai dua tenaga pengajar.

Kelurahan dan kecamatan diminta untuk mencari 30 orang ibu yang akan disekolah. “Kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan di aula kantor kelurahan, dengan waktu pengajaran selama tiga bulan,” ujarnya.

Selama kegiatan belajar mengajar, ibu-ibu yang menjadi peserta program sekolah ibu diberikan pengajaran bagaimana menjadi seorang ibu yang baik bagi anak dan keluaraganya. Diajarkan pola asuh yang baik, serta pengetahuan tentang otak kiri dan otak kanan pada anak. “Kegiatan ini membutuhkan dukungan setiap kelurahan, maka itu kami mengharapkan setiap kelurahan mewujudkan terbentuknya sekolah ibu,” tutup Yane. (ANT/Foto: Heibogor)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: