Waspada Modus Kejahatan via Nomor Ponsel

Anda tetap perlu berhati-hati karena banyak modus kejahatan dengan menggunakan nomor ponsel untuk membobol rekening Anda.
, Majalah Kartini | 10/01/2017 - 17:45

waspada-modus-kejahatan-via-nomor-ponsel

MajalahKartini.co.id – Kecanggihan teknologi dengan menggunakan nomor ponsel akan terasa efektif untuk melakukan segala hal. Tetapi Anda tetap perlu berhati-hati karena banyak modus kejahatan dengan menggunakan nomor ponsel untuk membobol rekening Anda. Di era yang serba canggih saat ini, nomor telepon seluler bukan saja digunakan untuk keperluan menelfon ataupun pesan singkat ( SMS) saja.

Sekarang, nomor ponsel juga digunakan dengan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Seperti email, google play store atau app store hingga keperluan untuk akses transaksi finansial. Dalam melakukan transaksi finansial nomor ponsel sangat dibutuhkan sebagai identifikasi pribadi untuk memvalidasi aplikasi seperti M-Banking, SmS Banking dan juga digunakan sebagai sarana bank ketika mengirimkan sandi sekali pakai (OTP, one time password).

Kemudahan menggunakan nomor ponsel untuk mevalidasi ternyata dimanfaatkan oleh sebagian oknum yang tidak bertanggung jawab. Akhir-akhir ini banyak muncul modus kejahatan baru untuk mebobol rekening bank melalui nomor ponsel. Biasanya oknum tersebut menggunakan cara dengan mengganti kartu SIM asli ke operator penyedia layanan seluler terkait. Modus ini disebut dengan SIM Swap yakni pengambilalihan nomor ponsel seseorang sebagai sarana bagi pelaku kejahatan untuk mengakses akun perbankan korban.

Untuk menjalankan aksi kejahatannya, para pelaku biasanya mendatangi operator penyedia layanan ponsel dengan menggunakan identitas palsu. Kemudian mereka akan mengatakan jika nomor ponsel tersebut rusak atau hilang yang kemudian mereka akan meminta penggantian kartu SIM. Setelah melakukan verifikasi identitas, operator seluler akan menerbitkan kartu SIM pengganti dan menonaktifkan kartu SIM yang masih berada di tangan pemilik yang sah. (Winggi Ferdian/Foto: Notey)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: