Ucapan Kaesang Pangarep Akhirnya Dilaporkan ke Polisi

Dalam sebuah video yang beredar di sosial media, Kaesang yang dilaporkan adalah anak dari Presiden Joko Widodo yaitu Kaesang Pengarep.
, Majalah Kartini | 05/07/2017 - 15:02

Ucapan Kaesang Pengarep Akhirnya Dilaporkan ke Polisi

Majalahkartini.co.id –  Kaesang Pangarep putra Presiden Joko Widodo, dilaporkan ke Polres Bekasi Kota 2 Juli 2017. Putra bungsu orang nomor 1 di Indonesia itu diduga melakukan ujaran kebencian melalui vlog yang ia unggah di youtube 27 Mei kemarin. Dalam laporannya yang tersebar di sosial media, bernomor LP/1049/K/VII/2017/SPKT/Restro Bekasi Kota, tertanggal 2 Juli 2017.

Ucapan yang dimaksud adalah: “Enggak mau mensalatkan padahal sesama muslim karena perbedaan dalam memilih pemimpin, apaan coba, dasar ndeso.”

Kaesang juga menyisipkan potongan video yang sempat viral beberapa waktu lalu. Video itu menggambarkan pawai anak-anak yang berteriak ‘Bunuh si Ahok sekarang juga!’

“Ini adalah contoh seberapa buruknya generasi masa depan kita, lihat saja,” komentar Kaesang sebelum memutar potongan klip tersebut.

“Di sini aku bukannya membela Pak Ahok, tapi di sini aku mau mempertanyakan kenapa anak seumur mereka bisa begitu. Sangat disayangkan kenapa anak kecil seperti mereka itu sudah diajarkan belajar untuk menyebarkan kebencian. Apaan coba itu, dasar ndeso!”

Sementara itu, pihak Kepolisian membenarkan jika ada laporan atas nama Kaesang. Pelapor bernama Muhammad Hidayat, dan laporan dilakukan pada 2 Juli 2017 lalu. Ia bahkan menilai jika ucapan Kaesang dalam vlognya terkesan mengadu domba dan bermuatan ujaran kebencian.

“Iya benar ada laporan dengan terlapor atas nama Kaesang,” ujar Kapolresta Bekasi, Kombes Pol Hero Henrianto Bachtiar, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Ucapan Kaesang Pengarep Akhirnya Dilaporkan ke Polisi 2

Hero mengatakan pihaknya akan lebih lanjut meminta keterangan dari pelapor atas kasus itu.

“Masih akan kami mintai keterangan dari pelapor terlebih dahulu. Secepatnya akan kami lakukan karena laporannya ujaran kebencian,” kata dia.

Namun, polisi memastikan laporan yang masuk terkait ujaran kebencian. Hidayat akan dipanggil polisi untuk dimintai keterangan soal laporan yang disampaikan tadi siang.

“Laporannya kan ujaran kebencian, hate speech. Materinya apa kita harus mendengarkan keterangan dari pelapor dulu. Nanti secepatnya pelapor dimintai keterangan,” tutup Hero. (Foto: istimewa/ Video: Youtube)

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: