Tidak Hanya di Indonesia, Sekolah Fethullah Gulen Tersebar di Dunia

Pihak Indonesia meminta Fethullah Gulen tidak menutup sekolah-sekolah miliknya yang ada di Tanah Air.
, Majalah Kartini | 22/08/2016 - 09:00

Gulen
MajalahKartini.co.id
– Fethullah Gulen merupakan tokoh populer dan dikenal sebagai ulama besar di Turki. Selain itu, Gulen juga dikenal sebagai tokoh pendidikan dan memiliki sekolah yang tersebar di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, Fethullah Gulen telah membangun sekolah di beberapa daerah seperti Jakarta, Banjarmasin, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Tangerang, Aceh, dan Sragen. Pemerintah Turki baru-baru ini berencana menutup sekolah-sekolah tersebut namun pemerintah Indonesia meminta pemerintah Turki untuk mengurungkan niat tersebut dan menghormati hukum yang berlaku di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan sejumlah sekolah yang berada di Indonesia akan terus menjalankan kegiatan belajar mengajarnya. Retno juga menjelaskan pihak Kemendikbud telah mengunjungi beberapa sekolah yang diminta oleh pemerintah Turki untuk ditutup.

Selain di Indonesia, sekolah Fethullah Gulen juga berada di New Jersey, Amerika Serikat dengan nama Pioneer Academy. Meski sebagai seorang ulama terhormat, Gulen tidak secara khusus menekankan pelajaran agama dan terbuka bagi pelajar dari berbagai latar belakang.

Wakil Ketua Golden Generation, Mehmet Yasar, yayasan yang membawahi Pioneer Academy, mengatakan penyelenggaraan pendidikan mulai tingkat taman kanak-kanan hingga kelas XII. Saat ini Pioneer Academy memiliki 160 siswa termasuk pelajar dari berbagai negara antara lain Jepang, Thailand dan Kamboja.

“Sekolah ini sudah didirikan sejak 15 tahun lalu tapi gedung sekolah ini baru dibangun empat tahun lalu. Tujuan sekolah ini utamanya untuk mempersiapkan siswa masuk ke perguruan tinggi dengan kualitas yang terbaik,” kata Mehmet.

Hampir 100 persen siswa di Pioneer Academy yang menerima pelajar dari 20 negara ini lulus dan masuk perguruan tinggi di Amerika Serikat setiap tahun. Sekolah-sekolah milik Fethullah Gulen di Amerika Serikat juga memberi beasiswa bagi sebagian pelajarnya, katanya seraya menambahkan 30 persen biaya untuk beasiswa itu diambil dari sumbangan para pengusaha Turki yang sukses. (ANT/Foto: ANT/Istimewa)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: