Terima Bansos dari Mensos, Ibu Ini Berlinang Air Mata

Ibu ini tidak pernah mempunyai kartu ATM dan tak tahu cara menabung.
, Majalah Kartini | 24/01/2017 - 11:23

Terima Bansos dari Mensos Ibu Ini Berlinang Air Mata

MajalahKartini.co.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan di Kelurahan Madiopuro, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, Senin siang, 23 Januari 2017. Saat Khofifah menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera dan mengajak berdialog, salah satu penerima manfaat bernama Ninik Sulastri (40) justru menangis. “Kenapa ibu menangis? Hari ini ibu dapat bantuan PKH. Nanti uangnya bisa untuk belanja pangan untuk keluarga di rumah,” tanya Khofifah sambil merangkul pundak ibu empat anak itu.

Ninik yang merupakan peserta baru PKH tahun 2017 ini menjawab lirih “Saya terharu, Bu. Saya tidak pernah punya kartu ATM, belum tahu caranya, tidak pernah menabung. Sekarang saya punya tabungan sendiri.” Kepada peserta PKH, Menteri Khofifah memberi arahan mengenai bansos yang mulai disalurkan secara nontunai melalui 4 bank pemerintah. Empat bank plat merah itu yakni BNI 46, BRI, Bank Mandiri dan BTN.

“Dengan sistem penyaluran nontunai menggunakan KKS ini, bansos dan subsidi akan langsung disalurkan ke rekening ibu-ibu, selanjutnya dapat digunakan untuk membeli barang, tarik tunai, atau tetap disimpan sebagai tabungan,” jelas Mensos. Penerima PKH Kota Malang pada 2017 mencapai 6.438 keluarga dengan nilai total bantuan sebesar Rp12.167.820.000. Khofifah mengatakan wajar apabila penerima manfaat merasa khawatir belum mengetahui cara mengambil uang atau berbelanja menggunakan kartu KKS yang berfungsi sebagai ATM. Sistem ini memang baru diterapkan.

“Saya mohon para Pendamping PKH mengawal ibu-ibu, berikan edukasi dan sosialisasi tentang cara pemanfaatan dan penggunakan kartunya,” katanya. Selain peran Pendamping PKH, lanjut Mensos, minta Pemerintah Daerah untuk terus menerus mendiseminasikan informasi tentang cara penggunaan kartu ATMnya. (Foto: Humas Kementerian Sosial)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: