Tergilas Mesin Pres, Kedua Tangan Anak Ini Harus Diamputasi

Kedua tangan bocah 6 tahun ini terpaksa harus diamputasi karena tergilas mesin press bata merah di tempat ayahnya bekerja.
, Majalah Kartini | 26/01/2017 - 19:42

Tergilas Mesin Pres Kedua Tangan Anak Ini Harus Diamputasi

MajalahKartini.co.id – Jamaludin Muhammad (6), tertidur pulas di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Kedua tangannya terpaksa harus diamputasi karena tergilas mesin press bata merah. Heryadi, ayah Jamal mengatakan, kejadian itu terjadi pada Sabtu, (21/1) lalu. Sabtu pagi itu dia membawa Jamal ke pabrik bata merah tempat dia bekerja. Alasannya, di rumah tidak ada yang menjaga Jamal, karena istrinya juga baru melahirkan satu minggu lalu.

Warga Kampung Cisanta, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini sebenarnya sudah melarang anaknya untuk tidak mendekat-dekat mesin. “Sebelum bekerja, saya menghidupkan mesin, sebelumnya saya sudah melarang anak jangan memasukkan tanah ke mesin,” ujar Heryadi, di Bandung, Rabu (25/1).

Namun, lanjut cerita Heryadi, saat dia bekerja dengan posisi berada di depan mesin pres, tiba-tiba anak-anaknya mendorong tanah supaya masuk mesin. “Namun, tangannya ikut ketelan mesin. Ia tidak menangis waktu itu, hanya mengatakan mamah,” ujar Heryadi.

Menurut dokter spesialis ortopedi RSHS Bandung, Ghuna Arioharjo Utoyo, memasuki hari keempat pascakejadian, Jamal masih dalam perawatan luka amputasi kedua tangannya yang hampir sampai bahu. “Jadi membutuhkan sekali atau dua kali lagi operasi untuk menutup lukanya, kita menunggu apa ada infeksi atau tidak, mudah-mudahan tidak infeksi,” ujar Ghuna. Ghuna juga mengingatkan, selama ini keadaan Jamal cukup bagus, walau saat pertama masuk Instalasi Gawat Darurat, Jamal sempat syok. “Karena rembes darah, tapi sudah tertangani,” tuturnya.

Pihak keluarga akan mengupayakan biaya pengobatan jamaludin melalui BPJS. Untuk membiayani lain-lain seperti membiayai kehidupan, pendidikan atau membeli tangan palu, Yuliati kerabat Jamal membuka donasi bagi siapa saja yang berkeinginan mengulurkan bantuan bagi bocah malang asal Garut itu melalui donasi ke nomor rekening Bank BJB 0058318353100, atas nama Yulyati. (Foto: tribunnews)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: