Sikap YKI Ketika Diklaim Pasarkan Merek Obat Tertentu

Yayasan Kanker Indonesia menyatakan tidak membantu memasarkan maupun mengarahkan obat tertentu.
, Majalah Kartini | 03/10/2016 - 16:00

MajalahKartini.co.id – Yayasan Kanker Indonesia  menyatakan bahwa YKI tidak memasarkan maupun mengarahkan obat tertentu. Hal ini berkaitan dengan beredarnya iklan produk obat antioxidant dari merek tertentu untuk kampanye pencegahan kanker payudara pada seminar pencegahan kanker yang akan digelar tanggal 29 Oktober 2016, dimana iklan tersebut seolah-olah memposisikan YKI memasarkan dan mengarahkan obat tersebut.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, mengatakan pihaknya perlu menegaskan bahwa YKI tidak memasarkan maupun mengarahkan obat tertentu terhadap pencegahan kanker. “Hal ini perlu kami luruskan guna mencegah persepsi yang salah mengingat kegiatan pemasaran obat telah diatur dalam kode etik farmasi yang diluar peran dan wewenang YKI,” ujarnya.

Selain itu, YKI mendukung pengobatan atau terapi kanker yang sudah terbukti dan diterima di dunia kedokteran internasional. Terapi kanker dengan bahan herbal belum terbukti dapat digunakan untuk mengobati kanker. “Masyarakat diharapkan tidak terkecoh jika terdapat obat-obatan yang seolah-olah diarahkan dengan mengatasnamakan YKI, sebab YKI tidak memasarkan ataupun mengarahkan obat tertentu,” pungkas Dr. Aru. (Foto: Yayasankankerindonesia.org)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: