Ratusan Korban Banjir Bekasi Mulai Diserang Penyakit

Ratusan warga yang terserang penyakit karena berada di lingkungan kurang bersih.
, Majalah Kartini | 23/02/2017 - 10:05

Ratusan Korban Banjir Bekasi Mulai Diserang Penyakit

MajalahKartini.co.id – Sedikitnya 764 korban banjir di Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai terserangan penyakit yang timbul akibat bakteri dari kandungan air banjir yang kotor sejak 19-22 Febuari 2017. “Penderita gatal-gatal mencapai 426 orang, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) mencapai 217 orang dan diare sebanyak 121 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto Saidi di Bekasi, Rabu (22/2).

Menurut Kusnanto, data itu diperolehnya dari petugas puskesmas dan posko kesehatan yang berada di kawasan banjir sejak empat hari terakhir. Menurutnya, ketiga jenis penyakit itu rawan menyerang para korban banjir yang lingkungan rumahnya kotor. Dirinya mengungkapkan ratusan warga itu terserang penyakit karena berada di lingkungan yang kurang bersih atau dekat dengan lokasi banjir. “Sebab mereka lebih memilih bertahan di tempat pengungsian dan di lantai dua rumahnya, dibanding ke rumah kerabatnya yang lebih aman,” katanya.

Kusnanto juga memastikan stok obat untuk warga dalam kondisi aman dan pasien telah mendapatkan obat sesuai dengan penyakitnya. “Untuk stok obat kita tetap aman dan petugas kesehatan juga telah disediakan di tempat pengungsian atau siaga di Puskesmas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kalibaru, Kecamatan Medansatria Dinni Bayuwati mengatakan telah melakukan pemeriksaan terhadap 200 warga korban banjir di wilayah itu. “Kita buka posko kesehatan sejak Senin (20/2) di aula Kelurahan Kalibaru. Hasilnya hampr mayoritas pasien yang kita periksa mengalami gangguan penyakit seperti gatal-gatal, ISPA hingga diare pada usia balita dan dewasa,” kata Dinni. (Foto: ANT FOTO)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: