Pesan Perdamaian dan Solidaritas dari Para Korban Bom

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk keluarga sekaligus memberikan pesan perdamaian.
, Majalah Kartini | 17/11/2016 - 18:15

MajalahKartini.co.id – Sebagai Lembaga yang konsen dengan kampanye perdamaiannya melalui kisah-kisah para korban bom, Aliansi Indonesia Damai (AIDA) melalakukan aksi solidaritas untuk korban bom di Samarinda, Kamis (17/11). AIDA bersama Yayasan Penyitas Indonesia (YPI) mengutuk aksi teror tersebut yang mengakibatkan meningalnya seorang balita berumur 2,5 tahun bernama Olivian Marbun.

Dalam kesempatan ini, AIDA memberikan pesan kepada keluarga korban, yang isinya adalah merasakan kehilangan, serta ikut berbelasungkawa sedalam-dalam. “Kami turut berbelasungkawa, ini memang tidak mudah untuk bisa menerimanya, butuh keikhlasan untuk menerimanya,” kata Sucipto di Jakarta.

Sementara itu, para korban bom di Indonesia, seperti korban bom Kuningan, dan korban bom Thamrin memberikan pesan perdamaian. “Saya memiliki kasih, jadi kasihilah sesama manusia seperti mengasihi dirimu sendiri, jadi itulah yang saya tanamkan, jadi saya tidak merasa terbebani untuk menjadi dendam kepada pelaku,” ujar Albert salah satu korban bom Kuningan.

Tidak hanya Albert, Riri yang juga merupakan korban bom yang saat ini sudah masuk dalam tim perdamaian Aliansi Indonesia Damai menuturukan, jangan melawan kekerasan dengan kekerasan, dan jangan dendam dengan siapapun, baik pelaku (teroris) ataupun pemerintah. Dirinya juga mengatakan merasa menjadi lebih baik saat ini. “Kami disini menegaskan, melalui kegiatan ini kami menyampaikan belasungkawa dan solidaritas, kami ingin mengatakan keluarga bom di Samarinda tidak sendiri,” tegas Hasibullah saat konferensi pers di Jakarta.

Ledakan bom di Gereja Oikumene, Samarinda memang menyisakan pilu dikalangan keluarga korban. AIDA merasa perlu melakukan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk keluarga, sekaligus memberikan pesan perdamaian untuk masyarakat Indonesia untuk tidak melakukan tindak kekerasan. (Text&Foto: Raga Imam)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: