Menteri Yohana Resmikan Pelatihan Satgas PPPA

Pembentukan Satgas PPPA merupakan salah satu cara penanganan permasalahan perempuan dan anak di Indonesia.
, Majalah Kartini | 15/08/2016 - 19:00

Satgas PPPA_Top

MajalahKartini.co.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat pada 2011 ada 2.178 kasus kekerasan anak yang terjadi di Indonesia. Jumlah tersebut terus meningkat hingga mencapai 4.309 kasus pada 2015, belum termasuk dengan kasus terhadap perempuan yang juga banyak terjadi.

Merespons banyaknya permasalahan perempuan dan anak di tanah air melatarbelakangi pembentukan Satuan Tugas Penanganan Masalah Perempuan dan Anak (Satgas PPPA) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), baik di tingkat pusat maupun di daerah untuk membantu korban mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

Dalam siaran pers yang diterima pada Senin (15/8), Menteri PP dan PA Yohana Yembise mengatakan dalam pembukaan pelatihan di Kota Kediri, Jawa Timur, bahwa salah satu fungsi Satgas PPPA adalah melakukan penjangkauan terhadap perempuan dan anak yang mengalami permasalahan, dan mengindentifikasi kondisi layanan yang dibutuhkan perempuan dan anak.

Satgas PPPA juga berfungsi untuk melindungan permepuan dan anak di lokasi kejadian dari hal yang dapat membahayakan diri mereka. Selain itu, lembaga tersebut dapat menjadi tempat untuk mengungsikan perempuan dan anak yang mengalami permasalahan kekerasan ke bagian pengaduan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak, atau lembaga lainnya.

Terakhir, Yohana menyampaikan, Satgas PPPA juga dapat memberikan rekomendasi kepada Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak terdekat atau lembaga layanan perempuan dan anak untuk mendapatkan layanan lebih lanjut.

“Pembentukan Satgas PPPA untuk salah satu cara penanganan permasalahan perempuan dan anak sebab begitu besar peran perempuan anak bagi negara, maka sudah sewajarnya mereka dilindungi dan diberikan perlakuan khusus untuk memenuhi hak asasinya serta berhak bebas dari penyiksaan atau perlakuan yang merendahkan derajat manusia,” ujar Yohana. (Foto: Dok. Humas Kementeria PP dan PA)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: