Mendikbud: Pendidikan Karakter Penting untuk Pengembangan Diri

Kegiatan pendidikan sekolah di luar ruang, seperti tadarusan di luar ruang menjadi bagian dari penguatan karakter di luar jam belajar.
, Majalah Kartini | 27/09/2016 - 17:00

MajalahKartini.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) penting agar siswa mampu mengembangkan diri sesuai kemampuan dan keunggulan masing-masing.

Mendikbud dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (27/9) mengatakan pelaksanaan pendidikan di sekolah terbagi menjadi tiga, yakni pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar yang terdiri dari Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, serta pendidikan menengah yang terdiri dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

“Fokus PPK akan dilakukan pada jenjang pendidikan dasar. Kalau fondasi pada pendidikan dasar sudah bagus maka ke jenjang selanjutnya karakter anak juga akan bagus,” kata Mendikbud. Sedangkan penguatan pendidikan karakter pada jenjang pendidikan menengah akan difokuskan pada persiapan untuk studi lanjut dan kesiapan masuk dunia kerja, ujar dia.

“Seperti adik-adik pada pendidikan menengah, penguatan pendidikan karakter diarahkan pada apakah siap masuk dunia kerja, atau ingin berwirausaha, dan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Dengan begitu adik-adik siap dengan yang menjadi pilihan,” ujar Mendikbud.

Kegiatan pendidikan sekolah di luar ruang, seperti tadarusan di luar ruang, menurut dia juga bisa sebagai bagian dari penguatan karakter di luar jam belajar. “Kegiatan penguatan pendidikan karakter yang dilakukan seperti ini sudah sangat baik melalui penguatan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Rajinlah belajar, beribadah, mengembangkan diri melalui berbagai kreativitas yang bagus dan positif,” ujar dia. (ANT/Foto: ANT FOTO/

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: