Komentar Khofifah Soal Nama Ikan Tongkol

Kealpaan siswa SD itu tak perlu dijadikan lelucon oleh masyarakat.
, Majalah Kartini | 27/01/2017 - 19:01

Komentar Khofifah Soal Nama Ikan Tongkol

MajalahKartini.co.id – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, meminta aksi perundungan terhadap Ari yang salah menyebutkan nama ikan tongkol, saat ditanyai Presiden Joko Widodo, dihentikan. Menurut dia, kealpaan Ari tak patut dijadikan lelucon. “Namanya anak-anak saya kira sangat wajar salah melafalkan kata-kata karena minimnya perbendaharaan kata mereka,” kata perempuan Menteri Khofifah melalui siaran pers.

Khofifah yakin Ari tak maksud sengaja. Buktinya, dalam melafalkan ikan paus, anak itu justru memenggal kata menjadi pa-us. Begitu juga ketika menyebutkan ikan teri yang berubah menjadi ikan teli lantaran si anak cadel. Pro-kontra kemudian terjadi di media sosial terkait nama ikan yang kemudian diucapkan secara keliru oleh anak itu.

Sebagian menertawakan peristiwa penyebutan nama ikan oleh anak itu. Sebagian lain merasa miris karena nama ikan diucapkan menjadi nama lain alat vital laki-laki yang tak patut diucapkan.

Sebelumnya, agenda Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2017, di Jakarta JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/1), Jokowi meminta seorang siswa SD menyebutkan nama-nama ikan yang ada di perairan Indonesia. Beberapa nama ikan memang benar disebutkan, namun saat menyebut nama ikan tongkol, dia salah sebut hingga membuat hadirin tertawa terbahak-bahak. Adegan-adegan ini direkam dan videonya menjadi viral di media sosial.

Bukan itu saja, kejadian yang cukup menyita perhatian hadirin juga terjadi Jokowi menanyakan soal berupa hitungan matematika, yaitu berapa 2 x 2 x 2. Anak murid SD yang ditanya berkali-kali menjawab enam, padahal semestinya delapan. Publik hadirin malah tertawa. (Foto: ANT FOTO)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: