Kementerian Kesehatan Klaim Nusantara Sehat Berhasil

Program Nusantara Sehat telah menempatkan 1.421 tenaga kesehatan di 251 Puskesmas di seluruh penjuru negeri.
, Majalah Kartini | 13/01/2017 - 11:21

Kementerian Kesehatan Klaim Nusantara Sehat Berhasil

MajalahKartini.co.id – Kementerian Kesehatan mengeluarkan laporan mengenai Program Nusantara Sehat yang telah berjalan sejak tahun 2015. Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, program ini telah memberikan dampak positif bagi masyarakat daerah. “Program Nusantara Sehat telah memperlihatkan dampak positif terhadap pelayanan kesehatan masyarakat di daerah,” ujar Oscar melalui siaran pers yang dikirim Kamis, 12 Januari 2016. Fokusnya adalah permasalahan seperti kekurangan gizi, penyakit menular, pola hidup sehat, serta minimnya pelayanan medis.

Data dari Kementerian Kesehatan menunjukan Program Nusantara Sehat telah menempatkan 1.421 tenaga kesehatan di 251 Puskesmas di seluruh penjuru negeri. Tahun 2016, sebanyak 630 tenaga kesehatan ditempatkan di 70 Puskesmas pada Mei 2016, dan 540 tenaga kesehatan ditempatkan di 60 Puskesmas lainnya pada Oktober 2016. Tim ini bertugas di masing-masing Puskesmas selama dua tahun.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Siswanto mengatakan Nusantara Sehat merupakan upaya penguatan layanan primer. Pelayanan pertama ini meliputi upaya layanan kesehatan dan pencegahan melalui pendidikan, konseling, serta skrining (penapisan). “Secara umum, hasil capaian tim Nusantara Sehat menunjukkan terjadinya peningkatan kesehatan masyarakat di berbagai bidang di masing-masing daerah,” kata Siswanto. Dia mencontohkan angka kasus diare yang turun hingga 80 persen di Puskesmas Empanang, Kapuas Hulu , Kalimantan Barat. Data lain, jumlah penderita kusta yang patuh meminum obat kian meningkat menjadi 89,47 persen di Puskesmas Morotai, Maluku Utara.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Usman Sumantri, menuturkan tim Nusantara Sehat berhasil mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masing-masing daerah dan melakukan penguatan tenaga kesehatan di Puskesmas setempat. Mereka, ujarnya, dapat melakukan penanganan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Misalnya, pembinaan pengolahan limbah medis, manajemen pelayanan kesehatan yang lebih terstruktur, dan pelatihan medis bagi sebagian besar kader posyandu yang dilakukan di beberapa Puskesmas di Kalimantan Barat, Maluku Barat Daya, Maluku Utara, dan Papua,” kata Usman. Namun Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Peningkatan Kemitraan dan SDGs Kementerian Kesehatan, Diah S Saminarsih, menjelaskan Nusantara Sehat masih membutuhkan pengawasan dan partisipasi masyarakat. “Kami mengajak publik untuk terus mendukung program ini sehingga terus berjuang dalam menyehatkan masyarakat Indonesia,” ujar Diah. (Sundari/Foto: kopikorner)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: