Kemensos Bantu Pulihkan Anak Korban Panti Ilegal

Anak korban penelantaran panti asuhan Yayasan Tunas Bangsa akan dipulihkan psikologisnya.
, Majalah Kartini | 03/02/2017 - 13:21

Kemensos Bantu Pulihkan Anak Korban Panti Ilegal

MajalahKartini.co.id – Kementerian Sosial RI berupaya membantu pemulihan psikologis dan ingatan 17 anak korban penelantaran dan kekerasan di panti asuhan Yayasan Tunas Bangsa yang kini diamankan Dinas Sosial Provinsi Riau. “Kemungkinan mereka trauma. Untuk itu dibutuhkan kemampuan pekerja Dinsos tingkat ‘advance‘ (lanjut) untuk melakukan ‘assessment’ ke anak-anak tersebut,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos, Kanya Eka Santi di Pekanbaru, Kamis (2/2).

Rombongan Kemensos menyambangi anak-anak korban penelantaran panti asuhan Tunas Bangsa di Dinas Sosial Provinsi Riau di Kota Pekanbaru. Kanya mengatakan saat ini anak-anak tersebut masih belum bisa diajak berkomunikasi dengan baik. Mereka, katanya, lebih banyak lupa asal mereka dan butuh pengasuhan serta terapi yang baik. “Makanya tadi saya sampaikan (ke Dinsos Riau) dengan (cara) ‘mobile mapping‘, ke tempat-tempat mungkin mereka ingat, seperti apa,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada Dinsos Riau agar bekerja lebih keras untuk melacak keberadaan keluarga mereka. “Karena tempat terbaik untuk anak adalah keluarga,” tuturnya. Meski begitu, dia meminta agar apabila keluarganya sudah ditemukan, harus turut dipastikan. Apakah keluarganya bisa dipercaya untuk mendidik anak-anak tersebut atau lebih baik diamankan berama Dinsos Riau.

Untuk diketahui, anak-anak itu dievakuasi oleh LPA Riau dan Dinas Sosial Riau pada pekan lalu dari sebuah panti asuhan dibawah naungan Yayasan Tunas Bangsa, Jalan Singgalang Lima, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Selama di panti, mereka diduga ditelantarkan. Mulai dari tempat tinggal hingga makanan yang tidak layak. Kasus ini sendiri terungkap berawal dari kematian bayi berusia 18 bulan bernama M Zikli yang diduga menjadi salah satu korban penelantaran tersebut. (ANT/Foto: Ronny Muharman )

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: