Kemendikbud: Tunjangan Profesi Guru Tidak Berkurang

Pengurangan tunjangan yang dimaksud adalah mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap pada tahun 2016.
, Majalah Kartini | 27/08/2016 - 12:00

Petugas melayani calon siswa pendaftar yang mengembalikan berkas setelah mendaftar secara online dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (13/6). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat melaksanakan PPDB secara online di 40 sekolah dari jenjang SD, SMP, hingga SMA dan menegaskan pendaftaran siswa baru setempat tidak memungut biaya baik secara online maupun non-online (reguler). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pd/16.


MajalahKartini.co.id
– Merebaknya isu pengurangan anggaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) Pegawai Negeri SIpil Daerah (PNSD) sempat mengkhawatirkan sejumlah pihak, khususnya para tenaga pengajar di daerah. Menjawab kekhawatiran tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan bahwa pengurangan anggaran tidak mengurangi tunjangan profesi bagi para guru.

Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (26/8), pengurangan anggara tunjangan profesi guru yang dimaksud adalah mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap pada tahun 2016.

“TPG PNSD tahun 2016 tetap dijamin akan dibayarkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, karena pengurangan anggaran Rp 23,3 Triliun sebagaimana disampaikan Menteri Keuangan tidak akan mengurangi hak guru penerima TPG, namun hanya mengurangi alokasi dana yang berpotensi tidak akan terserap,” kata dia.

Sumarna menyampaikan bahwa beberapa faktor penyebab pengurangan anggaran, antara lain guru pemilik sertifikat profesi yang telah pensiun, mutasi, promosi, tidak dapat memenuhi beban mengajar 24 jam, dan tidak linier dengan sertifikat pendidiknya.

Untuk pembayaran TPG PNSD termin ketiga tahun 2016 (Juli sampai dengan September) akan dibayarkan sekitar bulan Oktober oleh Pemda. “Tunjangan profesi dan insentif bagi guru non PNS aman. Pembayarannya akan dilakukan oleh Ditjen GTK ke rekening masing-masing guru sesuai dengan ketentuan,” jelas dia. (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: