Keluarga Debora Menolak Pengembalian Biaya Perawatan

Pengembalian biaya bayi Debora dilakukan sesuai arahan Dinas Kesehatan setempat.
, Majalah Kartini | 12/09/2017 - 20:25

MajalahKartini.co.id – RS Mitra Keluarga Kalideres mengaku telah mengembalikan uang milik keluarga Debora sebesar RP 6 juta. Nendya Libriyani, Humas RS Mitra Keluarga Kalideres menyebutkan pengembalian tersebut dilakukan sesuai arahan Dinas Kesehatan karena keluarga Debora menggunakan BPJS.

“Betul, kami mengembalikan uang perawatan. Uang yang dikembalikan adalah uang perawatan selama dilakukan treatment di ruang IGD. Jumlahnya sekitar 6 juta,” kata Nendya dalam konferensi pers di Jalan Peta Selatan, Senin (11/9) Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi Priharto menyebutkan kesalahan petugas rumah sakit sejak awal yaitu dalam hal komunikasi.

Mereka tak bertanya mengenai fasilitas BPJS. “Ini kesalahan dari awal, seharusnya pasien ditanya pembiayaan dibayar oleh siapa, dan ternyata pasien punya BPJS,” sambungnya.

Meski demikian, keluarga Debora menolak pengembalian uang tersebut. Henny Silalahi mengatakan keluarganya tidak ingin mengambil pengembalian uang sebesar Rp 6 juta itu. Dengan kembalinya uang tersebut, anak kelimanya tidak akan bisa hidup kembali.

Pernyataan tersebut ditegaskan oleh salah satu wakil keluarga Debora, Brigaldo Sinaga.  “Nantinya duit dari RS tidak akan kami terima. Nyawa anak kita gak bisa dikembalikan dengan uang. Jadi kita ikhlaskan saja uang tersebut agar pihak RS bisa menjalankan pelayanannya lebih baik lagi,” tegas Brigaldo.

Brigaldo sebagai warga Indonesia hanya ingin yang terbaik untuk bangsanya, ia berharap agar tidak terjadi lagi hal semacam ini. Brigaldo juga mengatakan keluarga Debora akan melanjutkannya ke ranah hukum jika diperlukan. (Cindy/ Foto: Newsfoto)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: