Kata Menhan Ryamizard Soal Jatuhnya Pesawat Hercules C-130HS

Menteri Pertahanan belum bisa berspekulasi soal jatuhnya pesawat Hercules C-130HS itu. Dia mengatakan pihaknya dan TNI masih dalam penyelidikan.
, Majalah Kartini | 19/12/2016 - 20:00

kata-menhan-ryamizard-soal-jatuhnya-pesawat-hercules-c-130hs

MajalahKartini.co.id – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu belim bisa berspekulasi soal penyabab jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Wamena, Papua. Pihaknya dan TNI, kata Menhan, akan melakukan penyelidikan lebih dulu atas jatuhnya pesawat tersebut.”Lagi diselidiki dulu. Kita selidiki dulu baru bicara. Jangan bicara dulu, nanti lebay. Apa sebabnya (jatuhnya pesawat),” kata Ryamizard kepada wartawan di, Padang, Sumatra Barat, Senin (19/12/2016).

Hilangnya pesawat itu terjadi pada Minggu (18/12) sekitar pukul 06.09 WIT. Pesawat C-130HS Hercules TNI AU dengan nomor registrasi A-1334 yang diterbangkan pilot Mayor Pnb Marlon A Kawer itu dalam penerbangan dari Timika ke Wamena. Sebelumnya, Wakil Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU), Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan, sebelum diketahui mengalami kecelakaan, pesawat Hercules milik TNI AU jenis C 130 A-1334 sempat berkomunikasi dengan petugas air traffic controller (ATC) atau pihak tower bandara Wamena, Papua.

Kemudian, pada pukul 05.30 WIT pesawat tersebut lepas landas dari pangkalan udara Timika, Papua dan diperkirakan tiba di Bandara Wamena pukul 06.13 WIT. Lanjut Hadian, pada pukul 06.08 WIT, petugas air traffic controller (ATC) dari tower bandara Wamena sempat melihat pesawat tersebut. Tidak lama kemudian diketahui bahwa pesawat tersebut terjatuh. “(Pesawat) mengalami kecelakaan sebelum ujung landasan 33,” kata dia.

Selanjutnya pada Pukul 08.40 WIT, telah ditemukan lokasi jatuhnya pesawat Hercules di Gunung Lisuwa, Kampung Minimo, Distrik Maima, Kabupaten Jayawijaya, Papua, untuk kemudian dilakukan evakuasi. Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 13 orang meninggal dunia yang terdiri dari 12 kru pesawat dan 1 penumpang. (Sopan Sopian/Foto: harianindo.com)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: