Kata Angota Dewan Perihal TKI Ilegal yang Tertangkap

Pentingnya diadakan sosialisasi atau pembekalan kepada para calon TKI.
, Majalah Kartini | 07/10/2016 - 12:00

MajalahKartini.co.id – Kabar tertangkapnya 16 TKI asal Kabupaten Situbondo di Malaysia membuat Anggota Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh merasa prihatin. “Kita semua turut prihatin atas kejadian ini, saya yakin ini hanya masalah ketidaktahuan teman teman TKI saja, soal penggunaan dokumen visa”, ungkapnya.

Nihayah menjelaskan, di sinilah pentingnya diadakan sosialisasi kepada para calon TKI yang akan bekerja di luar negeri. Agar ketika sudah berada di negara tujuan, tidak terjadi masalah, khususnya terkait dokumen.

“Walaupun secara dokumen mereka tidak lengkap namun mereka tetap warga Indonesia yang harus mendapatkan perlindungan dan bantuan hukum oleh negara. Oleh sebab itu, saya akan bantu semakmimal mungkin untuk mencarikan jalan keluar,” terang Nihayah.

Nihayah yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi PKB telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk membantu proses pemulangan para TKI tersebut.”Saya telah melakukan koordinasi dengan BNP2TKI, Pihak Kedubes RI di Malaysia, dan Disnaker Situbondo, untuk mengupayakan pembebasan dan pemulangan ke 16 TKI tersebut,” tutup Nihayah. (Foto: ANT FOTO/Agus Setyawan)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: