Jaringan Satelit Telkom-1 Sudah Pulih 100 Persen

Pemulihan layanan satelit Telkom-1 sudah tuntas 100 persen pada 10 September lalu.
, Majalah Kartini | 12/09/2017 - 19:25

MajalahKartini.co.id – PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) sudah mengonfirmasi tentang pemulihan layanan konektivitas pelanggan satelit Telkom-1 yang mengalami gangguan beberapa waktu lalu. Pemulihan tersebut sudah tuntas 100 persen sesuai dengan target pada 10 September 2017. “Hingga pukul 8 malam, minggu (10/9) posisi pemulihan konektivitas mencapai 14.689 sites atau 98 persen dari total 15.019 site. Sehingga pada Senin (11/9) pukul 12 malam, konektivitas pelanggan tuntas 100 persen,” kata Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga dalam konferensi pers di Graha Merah Putih Telkom Jakarta

Namun koordinasi antara Telkom dengan beberapa Bank seperti PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbok, PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk,tentang gangguan satelit tersebut sudah diperbaiki sejak 7 September lalu. “Khusus PT Bank Central Asia, saya sudah berkoordinasi dengan Direktur Utama BCA dan sudah ada kesepakatan agar segera sistem konektivitas telah pulih secara keseluruhan,” ujarnya.

Beberapa aspek operasional dari sejumlah ATM sudah dipastikan berfungsi normal seperti sedia kala. Alex juga mengungkapkan service recovery ini dituntaskan berkat dukungan dari berbagai pihak seperti Kementerian BUMN, Kemkominfo, BRTI, Bank Indonesia, OJK, YLKI, TNI, para pelanggan dan mitra bisnis, rekan-rekan media serta masyarakat Indonesia.

Dalam mempercepat recovery tersebut, Telkom menggunakan jaringan fiber optic sebanyak 5 persen dan menggunakan jaringan selule (machine to machine/M2M) sebanyak 14 persen. Alex juga menegaskan masalah bukan dari repointing tapi karena faktor non teknisi seperti kondisi cuaca dan wilayah yang sulit dijangkau. “Repointing bisa dilakukan paling lama 2-3 jam, namun banyak daerah yang sulit dijangkau bahkan bisa mencapai 2-3 hari,” tuturnya.

Alex mengingatkan Telkom juga melanjutkan fungsi Crisis Center Nasional untuk memonitor layanan dalam memastikan kestabilan dan kualitas layanan kepada pelanggan. Lalu dalam tempo dua bulan Telkom akan memproses pengaman slot orbit 108 derajat BT ke International Telecommunication Union (ITU) bersama Kemkominfo. (Cindy/Foto: AP)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: