Isu Gerakan Rush Money, Ini Seruan Netizen

Isu gerakan rush money yang meluas di media sosial sempat menyebabkan netizen gerah.
, Majalah Kartini | 22/11/2016 - 16:30

MajalahKartini.co.id – Meningkatnya kekhawatiran masyarakat beberapa hari ini karena isu rush money, atau menarik uang secara besar-besaran dan serentak, yang dianggap sebagai langkah menekan rezim pemerintahan untuk mengadili Ahok, tersangka penistaan agama. Isu aksi rush money berkembang dan mendapat kecaman keras dari pihak-pihak pemerintahan Jokowi, karena dinilai bisa berujung pada penggulingan rezim.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Kombes Pol Rikwanto mengatakan, kepolisian akan menindak tegas segala macam pelanggaran hukum yang beredar di dunia maya. Salah satunya soal pengerahan gerakan rush money atau penarikan uang besar-besaran pada 25 November mendatang.

“Di medsos sekarang banyak info rush money. Saya ingatkan, siapa pun yang membuat info yang membuat arahnya ke kerusuhan, kami akan tindak secara pidana,” ujar Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/11/2016). Rikwanto mengatakan, isu gerakan rush money termasuk informasi yang provokatif.

Sejauh ini, belum ada aduan mengenai gerakan tersebut di medsos. Namun, tim cyber patrol Polri terus memantau jalannya lini masa di dunia maya. Padahal, kasus penistaan agama sudah diproses oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Ahok pun sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Berbagai macam suara netizen pun mewarnai media sosial tentunya. Melalui twitter, Eko mengungkapkan jika aksi rush money ini jangan ada yang menghalangi karena menurutnya aksi tersebut adalah momentum untuk meninggalkan riba. Eko Widodo ‏@ekowBoy Seruan #RushMoney adl momentum meninggalkan RIBA, Indonesia memang bkn negara islam tapi bkn pula negara ateis tak sepatutnya halang-halangi.

Adapula dari @Lganufa yang setuju untuk mengikuti aksi rush money nanti. TukangMacuL ‏@Lganufa yg akan turun aksi 25 nov nanti kosongkan duitnya tgl 24, yg tidak ikut turun tarik kosongkan duitnya tgl 25. aksi kecil berefek #RushMoney

Namun, berbeda dengan @cinderlilaa yang memandang gerakan rush money itu tidak sepatutnya untuk kita dukung terlebih harus kita ikuti karena menyebabkan krisis ekonomi, ‏@cinderlilaa Gue bukan pendukung Ahok atau Jokowi. Tapi gerakan #RushMoney gak pantes sih untuk didukung. It can lead to economic crisis

Di sisi lain, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menganggap gerakan tersebut merupakan hal yang mengada-ada. Menurut dia, urusan politik semestinya tidak bergeser ke masalah perekonomian.

Darmin menilai pihak-pihak yang menyebarkan gerakan rush money adalah orang-orang yang tidak mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Jika penarikan uang dilakukan secara besar-besaran, itu akan berdampak buruk kepada ekonomi. Darmin memastikan tidak akan ada yang diuntungkan dari gerakan tersebut. (Evi Indria/Foto: veryfund.co)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: