Istri Anies Sosialisasikan Program Dokter Keliling

Warga dari beragam umur datang untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis.
, Majalah Kartini | 28/03/2017 - 11:01

Istri Anies Sosialisasikan Program Dokter Keliling

MajalaKartini.co.id – Istri Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedam, Fery Farhati mengunjungi warga penjaringan, Jakarta Utara untuk mengikuti dan sosialisasi program dokter keliling yang diusung pasangan calon Anies-Sandi.

“Hari ini ikut baksos pemeriksaan dokter gratis di daerah sini. Sosialisasi juga ada program dokter keluarga dari Anies-Sandi,” kata Fery di Jalan Muara Baru RT 01/17, Gang Melati Balai, Penjaringan, Jakut, Senin (27/3/). Warga pun cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Warga dari beragam umur datang untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis.

Fery sempat berbincang dengan warga yang datang. Ia mengatakan mayoritas warga yang datang menderita sakit ringan. Sementara untuk orang tua, ada yang menderita sakit darah tinggi. “Rata-rata mereka itu, mungkin karena daya tahan tubuhnya kurang, jadi sakitnya batuk dan yang orang tua darah tinggi. Jadi kesadaran mereka tentang kesehatan, penyakit tidak menular masih rendah,” ujarnya.

Menurutnya, sakit darah tinggi harus mendapatkan perawatan dan penanganan (treatment) yang baik sejak awal. Selain itu, edukasi terhadap kesehatan warga juga perlu ditingkatkan. Fery juga mengatakan salah satu caranya ialah dengan mengoptimalkan pos pembinaan terpadu (posbindu) dan pos pelayanan terpadu (posyandu). Ia mengatakan program Dokter Keliling ini akan dapat menjadi salah satu solusi. Karena konsep dari program ini, dokter akan datang ke satu wilayah untuk memberikan pengobatan, penanganan dan penyuluhan kesehatan.

“Padahal darah tinggi, kolesterol itu kalau tidak mendapat treatment awal maka efeknya akan fatal. Jadi kalau ada program dokter keluarga, maka penyakit seperti ini dapat dicegah. Orang tua juga menjaga kesehatannya. Akhirnya, bisa berfungsi di keluarga dengan lebih baik,” ujarnya. “Harus ada edukasi juga kepada masyarakat soal kesehatan, penyakit tidak menular. Mungkin kegiatan posbindu, kegiatan posyandu harus lebih digiatkan lagi,” lanjutnya. (Foto: Tim Anies-Sandi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: