Ini Kata Menteri Susi Soal Pulau Terluar Indonesia

Susi Pudjiastuti meyakini pulau-pulau kecil dan terluar di Indonesia tidak akan dikuasi Asing atau Pengusaha.
, Majalah Kartini | 19/01/2017 - 21:25

Ini-Kata-Menteri-Susi-Soal-Pulau-Terluar-IndonesiaMajalahKartini.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti angkat suara terkait kabar miring penguasaan pulau-pulau kecil dan terluar dikuasai asing. Menurutnya, tidak ada kemungkinan investor asing menguasai pulau-pulau itu. “Kita sudah memiliki aturan yang jelas berdasarkan UU, tidak ada kemungkinan bagi pengusaha asing untuk bisa menguasai pulau-pulau kecil dan terluar yang ada di wilayah Indonesia,” tegas Susi seperti dalam keterangan tertulis, Rabu(18/1).

Berdasarkan UU, kata Susi, pokok-pokok agraria pengelola pulau oleh perusahaan atau perorangan hanya dibatasi pada luasan tertentu, yang mana kisarannya mencapai 70 persen dari luas pulau yang ada, sementara 30 persen diantaranya tetap dikelola oleh negara. “Dari 70 persen yang diberikan kepada pihak investor pengelola tersebut pun, 30 persen diantaranya harus dibuat ruang terbuka hijau yang bisa diakses oleh publik,” tuturnya.

Selain itu kata dia, dengan adanya kebijakan tersebut menutup kemungkinan bagi para investor pengelola, baik asing maupun pengusaha dalam negeri untuk menguasai dan memiliki para investor ini baik asing maupun pengusaha dalam negeri untuk menguasai dan memiliki pulau-pulau terdepan Indonesia. “Kepada para investor ini baik asing maupun pengusaha dalam negeri pada prinsipnya hanya diberikan izin mengelola dan bukan untuk menguasai pulau tersebut,” ujarnya.

Langkah penertiban pulau-pulau terluar tersebut, Susi meyakini merupakan suatu hal yang sangat penting karena menyangkut batas wilayah NKRI. Maka menurutnya pulau-pulau kecil dan terluar tersebut tidak akan biarkan dikuasai oleh pihak asing. (Foto: bintang.com)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: