Ini Alasan Ahok Dipindahkan ke Mako Brimob

Lokasi penahanan Ahok dipindahkan setelah mempertimbangkan dinamika yang terjadi di luar Rutan Cipinang,
, Majalah Kartini | 10/05/2017 - 11:03

Ini Alasan Ahok Dipindahkan ke Mako Brimob

MajalahKartini.co.id – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dipindahkan dari Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Rabu dini hari. “Sekitar pukul 01.30,” kata Sirra Prayuna, salah satu penasehat hukum Ahok, Rabu (10/5).

Sirra mengatakan lokasi penahanan Ahok dipindahkan setelah mempertimbangkan dinamika yang terjadi di luar Rutan Cipinang. Setelah Ahok divonis, para pendukungnya beramai-ramai berkumpul di depan Rutan Cipinang. “Situasi jadi kurang kondisif untuk warga yang mau besuk keluarga,” kata dia. Sirra juga mengatakan tidak tahu menahu siapa saja yang mengantar Ahok ke Mako Brimob Kelapa Dua karena ia tidak ikut pergi. “Saya tidak ikut jadi tidak tahu persis.”

Sementara itu, Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Cipinang Asep Sutandar mengatakan terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dipindahkan ke Mako Brimob Klapa Dua, Depok, Jawa Barat, antara lain karena rumah tahanan sudah penuh. “Sudah dipindahkan tadi malam, karena rutan kelebihan kapasitas penghuni dan untuk mengantisipasi massa pendemo,” katanya, Rabu.

“Demi keamanan saja, demi rutan itu sendiri dan yang bersangkutan. Penghuni rutan kan sampai 3.700 orang, padahal kapasitasnya 1.136 orang. Sementara petugas di sini sangat sedikit. Kalau ada demo berhari-hari di sini, pekerjaan kami pasti terganggu,” lanjutnya. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengonfirmasi pemindahan Ahok ke Mako Brimob Klapa Dua. Namun dia mengatakan bahwa hal itu bukan kewenangan Polri melainkan yang berwenang.

Sebelumnya, Ahok dijatuhi hukuman pidana dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara karena terbukti menodai agama. Sejak Ahok tiba di Rutan Cipinang pukul 12.01 WIB, massa pendukungnya berkumpul di depan rutan menuntut bertemu dengan Ahok. (Foto: ANT FOTO)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: