Indonesia Negara Tercepat Penyebaran HIV AIDS di Asia

Lebih dari 95 persen pasien yang meninggal karena HIV terjadi di negara berkembang.
, Majalah Kartini | 01/12/2016 - 15:39

MajalahKartini.co.id – Indonesia tercatat sebagai negara dengan penyebaran infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) tercepat di Asia. Sementara jumlah kasus HIV di dunia mencapai angka sekitar 34 juta orang.

“Data Epidemic Update mencatat, penderita Aquaired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), di Indonesia terjangkit dengan tingkat penyebaran HIV tercepat di Asia,” kata Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Departemen Dermatologi dan Venerologi, Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Angela Satiti Retno Pudjiati dalam ujian terbuka Program Doktor Ilmu Kesehatan dan Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM, di Yogyakarta, Rabu (29/11).

Menurut dia, penyakit infeksi HIV dan AIDS saat ini sudah berdampak kesehatan, sosial, ekonomi dan politik. Angela mengatakan lebih dari 95 persen pasien yang meninggal karena HIV terjadi di negara berkembang. Hal ini, disebabkan kondisi sosial, kemiskinan dan kurangnya pelayanan kesehatan. “Untuk itu, pasien infeksi HIV membutuhkan terapi antiretrovial (ARV) sepanjang hidupnya,” ujar Angela. Sementara problem utama yang dihadapi saat terapi ARV adalah reaksi alergi terhadap obat.

Obat ARV yang paling sering menyebabkan reaksi alergi adalah nevirapine.Alergi obat pun bervariasi, dari yang ringan seperti eksantema atau bercak-bercak merah pada kulit, hingga berupa sindroma Stevens Johnson atau kulit seluruh badan mengelupas hingga kematian. (Sundari/Foto:  ANT FOTO/Dedhez Anggara)

.

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: