Hujan Dengan Intensitas Tinggi, Banjir Kembali Menggenang Kabupaten Bandung

Tingginya banjir menyebabkan pengalihan arus di berbagai tempat.
, Majalah Kartini | 01/11/2016 - 19:00

banjir bandung karena curah hujan tinggi

MajalahKartini.co.id Р Hujan deras mengguyur seharian, banjir kembali menggenangi Jawa Barat, kali ini khususnya Kabupaten Bandung yang terkena dampaknya. Akibat banjir tersebut membuat Polisi mengalihkan arus kendaraan bermotor ke jalur alternatif Tanjungsari dan Majalaya untuk menghindari banjir yang menutup badan jalan nasional Garut-Bandung di kawasan industri Kahatex dan Vonex, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa, (1/11).

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan bahwa  pengalihan arus itu karena jalan yang tergenangi banjir tidak dapat dilintasi kendaraan kecil.

“Kecamatan Rancaekek depan PT Kahatex 2 ketinggian 80 sentimeter, tidak bisa dilintasi kendaraan, baik arah Garut maupun Bandung,” kata Yusri.

Adapun arus kendaraan yang datang dari arah Tol Cileunyi ke Garut dialihkan ke Jatinangor-Tanjungsari lalu keluar di pertigaan Parakanmuncang, Kabupaten Sumedang, selanjutnya kembali masuk ke jalur nasional menuju Garut.

Sementara dari arah Garut menuju Bandung dialihkan ke Cijapati selanjutnya masuk wilayah Majalaya, Rancaekek maupun Sapan, Gedebage. Bahkan arus kendaraan dari Kota Bandung yang hendak ke Garut juga dialihkan di Gedebage lalu Sapan, selanjutnya Majalaya dan masuk Cicalengka menuju Garut.

“Sebaliknya arah Garut dialihkan lewat Cijapati, Kabupaten Bandung untuk kendaraan kecil, sementara kendaraan besar bisa menembus banjir,” kata Yusri.

Banjir di jalan nasional itu sudah terjadi, dari Senin (31/10) malam, setelah hujan mengguyur wilayah itu dengan intensitas tinggi. Akibat banjir itu arus lalu lintas kendaraan dari Bandung menuju Garut maupun sebaliknya macet, bahkan banyak kendaraan yang mogok akibat memaksa kendaraan melewati genangan air.

(Text/Foto: Estu Dwi Prakoso/Fachrul Jayadi Putra)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: