Hasil Survey Kinerja Jokowi-JK: 66 Persen Netizan Merespon Positif

Ada sebanyak 1.161.420 percakapan di media sosial yang terdiri dari 66 persen sentimen positif dan 34 persen sentimen negatif,
, Majalah Kartini | 21/10/2016 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Sudah dua tahun berjalan Pemerintahan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI memimpin negeri ini. Tak pelak membuat para pengamat serta lembaga survei berlomba-lomba memberikan pendapat hasil pantauan mereka soal kinerja birokrat saat ini, dimana tujuan mereka adalah respon masyarakat dan kredibilitas Jokowi-JK.

Seperti lembaga survei PoliticaWave mencatat 67 persen netizen memberikan respon positif terhadap kinerja pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Pendiri PoliticaWave Yose Rizal dalam rilis catatannya, pada Kamis,(20/10) mengatakan selama periode 21 Oktober 2015 sampai 10 Oktober 2016, pihaknya sudah melakukan pemantauan respon netizen terhadap program-program dan kinerja pemerintahan Jokowi-JK.

Menurut dia, pemantauan tiga bidang, yaitu politik, hukum dan keamanan (polhukam), ekonomi dan sosial, budaya dan masyarakat (sosbudmas), telah diketahui 67 persen netizen merespon secara positif dan 33 persen netizen merespon negatif. “Respon positif menunjukkan bahwa netizen mengapresiasi dan puas terhadap kinerja pemerintah. Sedangkan respon negatif menunjukkan bahwa netizen kecewa dan kurang puas terhadap kinerja pemerintah,” ucap Yose.

Berdasarkan survei PoliticaWave, ada 549.659 percakapan polhukam di media sosial yang terdiri dari 70 persen sentimen positif dan 30 persen sentimen negatif. “Terdapat lima sub bidang topik pembicaraan dalam bidang polhukam, antara lain pemberantasan korupsi, kinerja lembaga negara, hukuman mati, penegakan hukum dan pemberantasan terorisme dan pembebasan sandera,” terang Yose.

Sementara, pada bidang ekonomi sendiri, terdapat lima sub bidang topik pembicaraan, yakni pengendalian harga, lapangan kerja dan pengangguran, iklim investasi, tax amnesty dan paket kebijakan ekonomi. “Dalam bidang ekonomi, kami mencatat ada sebanyak 1.161.420 percakapan di media sosial yang terdiri dari 66 persen sentimen positif dan 34 persen sentimen negatif,” ungkap Yose.

Terakhir, dia menyebutkan kiranya ada 87.915 percakapan sosbudmas di media sosial yang terdiri dari 50 persen sentimen positif dan 50 persen sentimen negatif, dengan empat sub bidang topik, yaitu pelayanan kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat, sistem pendidikan dan Kartu Indonesia Pintar, intoleransi dan radikalisme serta revolusi mental. (Foto: ANT FOTO/Widodo S. Jusuf)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: