Gempa Guncang Wilayah Lampung dan Tasikmalaya

Gempa berkekuatan 5,1 Skala Ricther di Lampung. Sementara gempa dengan kekuatan 4,8 Skala Ricther juga mengguncang Tasikmalaya.
, Majalah Kartini | 20/02/2017 - 09:28

Gempa Guncang Wilayah Lampung dan Tasikmalaya

MajalahKartini.co.id – Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Pesawaran, Lampung dan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Minggu (19/2) malam. Situs resmi Badan Metereologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) menyebutkan gempa berkekuatan 5,1 Skala Ricther di Kabupaten Pesawaran terjadi pada pukul 22.14 WIB yang berlokasi 6.56 Lintang Selatan – 104.63 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa terjadi pada 128 kilometer Barat Daya Kabupaten Pesawaran, Lampung dan tidak berpotensi tsunami. Sementara, pada pukul 22.39 WIB gempa dengan kekuatan 4,8 Skala Ricther mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

BMKG menyebutkan gempa terjadi pada 8.08 Lintang Selatan – 108.01 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada di laut 49 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dan dirasakan di beberapa wilayah antara lain Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, dan Garut.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG) Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengatakan gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat tidak berpotensi tsunami. Menurutnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu malam, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pada pukul 22.39 WIB dengan kekuatan 4.8 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.08 Lintang Selatan dan 108.01 Bujur Timur. “Tepatnya pada jarak 49 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer,” kata Joko.

Sementara, peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di daerah Garut, Banjar, dan Tasikmalaya dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III-IV “Modified Mercalli Intensity” (MMI). “Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas patahan lokal di sekitar daerah subduksi Selatan Jawa,” ujarnya.

Joko mengatakan hasil pemantauan BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. “Untuk itu kepada masyarakat di daerah pesisir selatan Jawa Barat diimbau agar tetap tenang karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya. (Foto: Ilustrasi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: