Empat Penambang Emas Tertimbun Longsor

Bongkahan tanah yang mengandung emas ternyata berujung korban tewas.
, Majalah Kartini | 07/12/2016 - 19:00

MajalahKartini.co.id – Longsor tanah di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak telah menyebabkan empat penambang tewas. “Ke-empat penambang tersebut dilaporkan meninggal dunia dan tiga lainnya luka parah,” kata Kapolsek Cibeber, Ajun Komisaris Hero di Lebak.

Peristiwa longsornya tanah itu terjadi pukul 09.30 WIB setelah diguyur hujan deras di daerah tersebut. Daerah tersebut memang selalu digunakan oleh para penambang ilegal untuk mengambil bongkahan tanah yang mengandung bahan emas.

Saat itu tiba-tiba hujan turun dan semakin deras. Hingga akhirnya terjadi longsor dan menimbun para korban. Para korban saat itu sedang beristirahat di saung yang lokasinya berada di bantaran sungai sambil menunggu pengolahan bongkahan emas.

“Kami belum bisa memastikan jumlah penambang emas, namun saat ini tercatat empat orang meninggal dan tiga lainnya luka parah,” tambahnya. Evakuasi kemudian dilakukan dengan peralatan seadanya karena lokasi tersebut berada di kawasan TNGHS yang berdekatan dengan Desa Citorek Timur, Kecamatan Cibeber. Kini kawasan tersebut ditutup bagi penambang ilegal karena curah hujan yang terjadi makin meningkat. (Evi Indria/Foto Ilustrasi: ANT News/ Ridwan Triatmodjo)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: