Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Angka Kemiskinan Menurun

Meski hanya terjadi penurunan angka 0,36 persen namun cukup menggembirakan dan patut disyukuri karena menunjukkan bahwa adanya komitmen dan usaha untuk penurunan kemiskinan.
, Majalah Kartini | 20/10/2016 - 17:00

MajalahKartini.co.id – Kewajiban Negara sebagai seorang pemimpin harus sesuai dengan apa yang diamanatkan Undang-Undang Dasar (UUD) 45 yaitu menyejahterakan warganya seperti tercantum dalam Pasal 33 dan diimplementasikan dalam berbagai program pembangunan. Program pembangunan tersebut harus dilaksanakan sebagai upaya menyejahterakan dan mengurangi angka kemiskinan.

Data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2015 merilis bahwa terdapat 28,51 juta warga yang berada pada garis kemiskinan atau sebanyak 11,13 persen dan 73,95 juta rentan miskin. Bila dibandingkan angka tersebut pada tahun 2008-2012 di mana jumlah penduduk miskin paling tingi mencapai 29 juta jiwa, namun warga yang berada di atas garis kemiskinan atau rentan miskin lebih rendah yaitu 70 juta.

Karena masih tingginya dominasi angka kemiskinan di Indonesia, pemerintah melalui program-programnya terus berupaya keras menangani persoalan ini. Berjalan dalam kurun dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) serta didukung Kabinet Kerja-nya, menunjukkan penurunan angka kemiskinan. Dari 28,51 juta jumlah penduduk miskin atau 11,22 persen yang tercatat pada Maret 2015 turun menjadi 28,01 juta atau 10,86 persen pada Maret 2016.

Meski hanya terjadi penurunan angka 0,36 persen namun cukup menggembirakan dan patut disyukuri karena menunjukkan bahwa adanya komitmen dan usaha untuk penurunan kemiskinan. Salah satu capaian program yang telah terbukti berkontribusi untuk menurunkan angka kemiskinan adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan program nasional Kementerian Sosial.

Menurut Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, sejak dilaksanakannya Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2007, telah menjadikan 400.000 Keluarga Sangat Miskin (KSM) mandiri pada Desember 2015. “PKH menunjukkan dampak signifikan dalam mengurangi kemiskinan dan ketimpangan,” kata Mensos. (Foto: ANT FOTO)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: