Diduga Pendukung ISIS, Seorang Remaja Perempuan Tusuk Polisi di Jerman

Jaksa wilayah di Jerman melayangkan gugatan terhadap Safia S, pelaku penusukan petugas polisi di Hanover.
, Majalah Kartini | 30/08/2016 - 10:00

Stabbed

MajalahKartini.co.id – Perempuan remaja berusia 16 tahun yang menusuk polisi di stasiun kereta Hanover, Jerman bertindak atas perintah ISIS, demikian kata jaksa wilayah, seraya melayangkan gugatan ke tersangka.

Safia S., warga negara ganda Jerman-Maroko tengah dipenjara seraya menunggu persidangan. Ia ditahan atas kasus percobaan pembunuhan dan diduga terhubung dengan pegaris keras, kata jaksa, Senin (29/8) waktu setempat.

Ia berpergian ke Istanbul pada Januari untuk menemui kelompok yang berencana membantunya memasuki wilayah ISIS di Suriah. Perjalanan tersebut sempat dibatalkan saat ibu Safia membawanya pulang ke Jerman. Namun, ia justru menusuk dan melukai seorang polisi pada Februari, ujar jaksa.

Insiden penusukan di Hanover terjadi sebelum sejumlah aksi teror yang menyerang warga pada akhir Juli. Dua serangan yang pelakunya ikut tewas, diklaim oleh ISIS. Usai kembali ke Jerman, Safia S. menghubungi anggota ISIS melalui program pengirim pesan dalam jaringan, meminta mereka membantunya merencanakan serangan, ujar jaksa.

Mereka mengatakan, warga Jerman-Suriah, 19 tahun yang mengetahui rencana itu turut ditahan karena dianggap gagal melaporkan kejahatan tersebut. Gugatan untuk kedua tersangka telah disiarkan pada 12 Agustus, kata jaksa. Akan tetapi, tanggal persidangan belum ditetapkan.

Serangan pada musim panas menjadikan kebijakan migrasi Kanselir Angela Merkel jadi perhatian. Insiden tersebut membuat banyak pihak mendorong pemerintahannya merancang rencana peningkatan anggaran untuk keamanan. (ANT/Foto: ANT/Istimewa)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: