Diduga Keracunan Makanan, 19 Anak Diirawat

Diduga belasan murid SDN Krisik mengalami keracunan jajanan sekitar sekolah.
, Majalah Kartini | 26/09/2017 - 16:02

MajalahKartini.co.id – Sedikitnya 19 murid SDN Krisik, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengeluhkan mual dan muntah usai dirawat di pusat kesehatan masyarakat. Diduga hal tersebut terjadi karena keracunan jajanan sekitar sekolah. “Kami cek bahwa ada 19 orang siswa dirawat di puskesmas. Menurut keterangan yang merawat, mereka mengeluhkan mual dan pusing,” kata Kepala Polres Blitar AKBP Slamet Waloya di Blitar, Senin (25/9).

Kejadian tersebut sesaat saat upacara bendera.,salah seorang anak mengeluhkan pusing dan dibawa langsung ke UKS di sekolah. Setelahnya, terdapat beberapa anak lain yang juga mengeluhkan hal yang sama dan beberapa di antaranya mengalami muntah. Sehingga akhirnya 19 anak tersebut dilarikan ke puskesmas terdekat.

Saat diperiksa dokter, kondisi anak-anak tersebut juga kurang stabil. Badan mereka lemas dan mengeluhkan pusing serta mual. Ketika diperiksa lebih lanjut, suhu tubuh mereka cukup tinggi mencapai rata-rata 36 derajat Celsius. Kapolres menyebut, para siswa sudah diberikan obat setelah pemeriksaan tersebut dan diantaranya sudah diizinkan pulang ke rumah.

Polisi sudah meminta keterangan sejumlah siswa yang sakit, hasilnya sebelum masuk sekolah mereka sempat membeli jajanan, yaitu pentol, sosis mie dan tempura goreng. Makanan itu dijual oleh sepasang suami istri, UM dan SU, warga Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Blitar, yang merupakan pedagang keliling dari sekolah ke sekolah.

“Kami dalami ini dan penyidik sudah mengambil sampel makanan yang diduga mengakibatkan gejala ke anak-anak tersebut. Untuk penjual kami periksa ke Polsek Gandusari untuk mendalami apakah yang bersangkutan memasukkan zat berbahaya ke makanan,” ujarnya.

Sampel jajanan makanan yang sudah diambil oleh polisi akan dibawa ke laboratorium dinas kesehatan. Walaupun terdapat beberapa anak yang mengeluh pusing dan mual karena keracunan makanan, aktivitas di sekolah tetap berjalan seperti biasa. Kapolres juga mengimbau agar anak-anak berhati-hati membeli jajanan. (Cindy/Foto: Ilustrasi)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: