BKKBN: Tahun 2030 Ada 1,3 Miliar Orang Berusia 65 Tahun

Pemerintah memerlukan strategi jangka pendek dengan menyediakan sistem dukungan yang memadai.
, Majalah Kartini | 30/08/2016 - 21:00

MajalahKartini.co.id – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty mengatakan pada tahun 2030, diproyeksikan akan ada 1,3 miliar orang berusia 65 tahun dan lebih tua. Jumlahnya 16 persen dari total pendudukan dengan sebagian besar tinggal di negara-negara berkembang.

Untuk menghadapi masalah tersebut, ujar Surya, pemerintah memerlukan strategi jangka pendek dengan menyediakan sistem dukungan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pendudukan lanjut usia. “Sedangkan untuk jangka panjang, negara berkembang perlu membuat kebijakan untuk mempertahankan rasio usia ketergantungan pada titik keseimbangan,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (30/8).

Hal tersebut disampaikan Surya saat menghadiri ‘Workshop on Interlinkages of Ageing and Sustainable Development: Enhancing Capacity of Countries to Address Policy and Programmatic Response to Ageing” di Kuala Lumpur, Malaysia (29/08). Workshop ini menjadi forum bagaimana setiap negara mengelola tantangan dan peluang saat ini dan di masa depan terkait penuaan penduduk.

Workshop ini merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh International Planned Parenthood Federation -East and South East Asia and Oceania Region (IPPF-ESEAOR). Dihadiri oleh Kementerian/Badan Kependudukan (China, Kamboja, Malaysia, Thailand dan Indonesia) dan Organisasi Internasional yang concern dengan kependudukan.

ICOMP dan IPPF-ESEAOR akan menyediakan forum bagi kepala lembaga Kependudukan, organisasi non-pemerintah, para ahli kependudukan, lembaga donor, dan lembaga internasional untuk membahas tantangan dan peluang dalam pengelolaan program kependudukani terkait isu-isu penuaan.

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: