Bercanda Soal Pemerkosaan, Presiden Filipina Dikecam

Duterte bercanda militer boleh memperkosa tiga perempuan.
, Majalah Kartini | 30/05/2017 - 15:02

 

Bercanda Soal Pemerkosaan Presiden Filipina Dikecam

MajalahKartini.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali dikecam karena bercanda soal pemerkosaan saat berpidato dihadapan tentara. Dia mengatakan tentara diperbolehkan memperkosa sampai tiga perempuan.

“Saya bersedia dipenjara jika Anda memperkosa tiga (perempuan), tapi jika Anda menikahi empat, bajingan, kamu akan dipukuli,” kelakarnya yang langsung dikecam banyak orang.

Salah satunya adalah Chelsea Clinton. Putri mantan Presiden Bill Clinton ini mencuit bahwa pemerkosaan tak pernah lucu. Dia menganggap Duterte adalah preman pembunuh yang tak menghargai hak asasi manusia.

Phelim Kine dari Human Rights Watch mengatakan kelakar presiden tersebut adalah humor yang menjijikkan. Candaan Duterte itu membenarkan anggapan pegiat HAM bahw apresiden Filipina itu tak hanya akan menutup mata terhadap kekerasan hak asasi manusia di Mindanao, tapi juga akan secara aktif mendukungnya.

Kritikan juga dilontarkan oleh politikus perempuan Filipina Gabriela. “Pemerkosaan bukan lelucon. Darurat militer dan semakin meningkatnya kekerasan militer terhadap perempuan dan anak-anak juga bukan bahan bercandaan.” katanya seperti yang dilansir dari BBC. (Foto: Asian Correspondent)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: