Belasan Warga Sukabumi Dikerangkeng Karena Sakit Ingatan

Puluhan orang yang dikarengkeng karena sakit ingatan, terpaksa dikerangkeng oleh keluarganya karena takut membahayakan orang lain.
, Majalah Kartini | 30/11/2016 - 22:00

 

MajalahKartini.co.id – Mengalami sakit ingatakan, 19 orang warga disejumlah desa di Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi dikerangkeng. Hal itu terpaksa dilakukan oleh pihak keluarga, karena menurut mereka bukan hanya untuk menyelamatkan jiwa penerita sakit ingatan, tetapi juga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan mengganggu keamanan warga dan anggota keluarga lainnya.

“Karena tidak ada pilihan lainnya, terpaksa keluarga mengamankannya. Langkah tersebut sebagai bentuk proteksi untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka dikerangkeng disekitar rumah dan pemukiman warga lainnya,” ujar Saepudin, Kepala Tata Usaha Puskesmas Jampangtengah, Selasa (29/11).

Hasil dari pendataan petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jampang Tengah, sebagian besar tidak hanya mengalami sakit ingatan bawaan, tetapi mengalami sakit ingatan akibat stress. Pihaknya, mengatakan para penderita sakit ingatan itu telah memperolah penanganan medis, namun upaya pengobatan yang dilakukan anggota keluarganya masih belum optimal.

Kemungkinan, kata Saepudin, tidak meuntup kemungkinan jumlah warga yang dikerangkeng oleh anggota keluarganya mencapai lebih banyak dari pendataan yang dilakukan pihak Puskesmas. “Hal ini mengingat banyaknya warga yang tidak ingin enggota keluarganya yang sakit ingatan diketahui oleh warga lainnya,” ucapnya. (Sopan Sopian/Foto: ANT FOTO/Adeng Bustomi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: